Pengaruh Faktor Manusia dan Kendaraan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya di Merauke

  • Erlin Yuniardini Universitas Hasanuddin, Teknik Sipil
  • Dewi Sriastuti Nababan Universitas Musamus, Teknik Sipil
  • Agustan Agustan Universitas Musamus, Teknik Sipil
Keywords: faktor manusia, faktor kendaraan

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi di kota Merauke sangatlah pesat. Kepadatan kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya menyebabkan beberapa permasalahan di bidang transportasi.  Salah satu permasalahan yang terjadi adalah kecelakaan lalu lintas. Seringnya kecelakaan yang terjadi ini mengakibatkan berkurangnya kenyamanan dan bahkan dapat membahayakan keselamatan nyawa seseorang.  Ada empat faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya yaitu faktor manusia, faktor kendaraan , faktor jalan dan faktor lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor manusia dan kendaraan terhadap kecelakaan lalu lintas jalan raya di Merauke. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari hasil kuisioner dari pengaruh faktor manusia dan faktor kendaraan. Data sekunder terdiri dari data jumlah kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda, adapun uji yang dilakukan dalam analisis tersebut seperti uji F, uji T, dan uji determinan  R dan program SPSS. Berdasarkan penelitian terhadap faktor manusia (X1) dan faktor kendaraan (X2) maka diperoleh kesimpulan Y= 10,105 + 0,4768823X1 + 0,1759497X2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas jalan raya. Dengan kontribusi sebesar 52,12%.  Kata Kunci: kecelakaan lalu lintas, faktor manusia, faktor kendaraan, metode   regresi linier berganda    
Published
07-10-2018
How to Cite
Yuniardini, E., Nababan, D., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Faktor Manusia dan Kendaraan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya di Merauke. Musamus Journal of Civil Engineering, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.35724/mjce.v1i1.1159