Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Metode Analisa Komponen

  • Siti Muslimah Universitas Musamus. Jurusan Teknik Sipil
  • Dewi Sriastuti Nababan Universitas Musamus. Jurusan Teknik Sipil
  • Suyadi Suyadi Universitas Musamus. Jurusan Teknik Sipil
Keywords: metode analisa komponen, perkerasan kaku, tebal perkerasan

Abstract

Merauke merupakan salah satu daerah yang sedang berkembang diberbagai sektornya begitu pula dari segi pembangunan. Sehingga untuk menunjang pertumbuhan perekonoman masyarakat dan merupakan akses untuk menjankau daerah-daerah terpencil diperlukan adanya jalan raya. Jalan Merauke Sota merupakan jalan penghubung khususnya dari kempung Yanggandur menuju kampung Sota yang belum memiliki perkerasan jalan sehingga menghambat aktifitas transportasi pengguna jalan. Kondisi jalan saat ini masih berupa jalan setapak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa tebal perkerasan kaku dan dimensi tulangan yang digunakan untuk jalan Yanggandur-Sota dengan metode analisa komponen. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari LHR, dan CBR. Data sekunder terdiri dari data pertumbuhan lalu lintas dan data beban kendaraan. Pada penelitian ini diperoleh tebal taksiran pelat beton sebesar 200 mm atau 20 cm, pondasi bawah beton kurus dengan ketebalan 15 cm, tulangan memanjang D-12 mm jarak 00 mm, tulangan melintang D-12 mm jarak 400 mm, dowel D-25mm panjang 450 mm jarak 300 mm, dan tie barĀ  D-12 mm panjang 600 mm jarak antar batang 300 mm.
Published
31-10-2019
How to Cite
Muslimah, S., Nababan, D., & Suyadi, S. (2019). Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Metode Analisa Komponen. Musamus Journal of Civil Engineering, 2(01), 7-16. https://doi.org/10.35724/mjce.v2i01.2289