Optimasi Model Desain Terminal Pada Bandara Menggunakan Linear Program

  • Panci Yocing Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Mekongga
  • Sakti Adji Adisasmita Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin
  • Muralia Hustim Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin

Abstract

Pada studi ini mempelajari dan menentukan model terminal design concept yang optimum untuk bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Parameter uji yang digunakan adalah tipe apron dan fasilitas pelayanan bandara meliputi data jumlah penumpang, pesawat, walking distance area, jumlah bus yang beroperasi, jumlah garbarata, dan forecasting penumpang serta pesawat. Metode yang digunakan adalah metode eksisting untuk merencanakan model terminal design concept yang optimum. Terminal design concept dengan model linear adalah concept design standard untuk bandara international Sultan Hasanuddin dengan jumlah parking stand yaitu 37 unit. Berdasarkan dari hasil forecasting selama 20 tahun untuk pergerakan pesawat dan penumpang yaitu 224,446 dan 20,235,110, masing-masing. Kemudian hasil perhitungan data eksisting antara waktu tercepat menggunakan bus pada kecepatan 25 km/jam dengan menggunakan Garbarata diperoleh 120-129 detik pada zona 1 dan 46-86 detik, masing-masing. Sedangkan waktu tercepat yang dibutuhkan dari parking stand menuju terminal kedatangan menggunakan bus dan dari pesawat menuju gate menggunakan Garbarata adalah 220 detik pada zona 3 dan 55.17 detik pada jarak 41.70 m. Sedangkan untuk terminal design concept model Pier dan satelite sebagai pilihan model pengembangan apron optimum diperoleh 51 dan 48 parking stand, masing-masing. Sehingga kesimpulan pada studi ini adalah penggunaan model terminal design concept yang optimum sebagai alternatif dalam perencanaan pengembangan apron badara international sultan hasanuddin makassar adalah tipe pier dan satellite dengan jumlah parking stand yang lebih banyak dibandingkan apron eksisting tipe linear.
Published
30-04-2020
How to Cite
Yocing, P., Adisasmita, S., & Hustim, M. (2020). Optimasi Model Desain Terminal Pada Bandara Menggunakan Linear Program. Musamus Journal of Civil Engineering, 2(02), 39-43. https://doi.org/10.35724/mjce.v2i02.2725