PENGARUH TENAGA PENJUAL, PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV TIRTA ALAM JAYA RAYA

  • Marlyn Eleida Alfons Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Musamus Merauke Papua
Keywords: Tenaga Penjual, Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Permasalahan yang  dirumuskan dalam penelitian ini adalah a) apakah tenaga penjual berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. b) apakah Produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. c) apakah Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tenaga Penjual, Produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada CV Tirta Alam Jaya di Merauke.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. Tirta Alam Jaya Merauke. Karena populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang tidak dapat diketahui jumlahnya maka peneliti menggunakan teknik accidental sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan. Ada pengaruh yang signifikan tenaga penjual (X1), produk (X2) dan harga (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 12,618 atau 12,618 %. Disimpulkan jika tenaga penjual (X1), produk (X2) dan harga (X3)  tinggi maka mengakibatkan kepuasan konsumen semakin tinggi, begitu juga sebaliknya jika tenaga penjual (X1), produk (X2) dan harga (X3) semakin rendah maka mengakibatkan kepuasan konsumen juga rendah.
Published
19-10-2013