Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial

  • Wenny Pebrianti Universitas Tanjungpura
  • Arweni Arweni
  • Muhammad Awal
Keywords: Digital marketing; e-WOM; brand awareness; keputusan pembelian.

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh digital marketing, e-WOM, brand awareness terhadap keputusan pembelian di kedai kopi Lokale Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 pengikut coffee shop Lokale di Instagram. Coffee Shop Lokale merupakan salah satu gerai kopi kalangan muda masa kini yang menawarkan konsep kopi milenial. Dengan seringnya kaum urban menghabiskan waktu dikedai kopi, kedai kopi kini menjadi simbol gaya hidup sehingga pilihan kedai kopi itu sendiri juga berkorelasi dengan status sosial. Model analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran digital tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, sedangkan e-WOM memiliki pengaruh signifikan terhadap brand awareness, hal ini menunjukan bahwa pengaruh e-WOM masih sangat efektif dalam penggunaannya didunia pemasaran dibandingkan dengan penggunaan digital marketing sebagai alat promosi di era sekarang.  e-WOM dan brand awareness berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian, jika dilihat dari hasil yang di peroleh ketika kedua cara promosi ini digabungkan maka capaian keuntungan yang di peroleh bisa maksimal.

Published
2020-06-25