PERANAN INOVASI DALAM PENINGKATAN KINERJA USAHA KAIN BATIK PAPUA PADA SANGGAR WANINGGAPNANGGO DI MERAUKE

  • Funnisia Lamalewa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak inovasi proses dan inovasi produk dalam peningkatan kinerja usaha pada Sanggar Waninggap Nanggo. Penelitian dilakukan pada Sanggar Waninggap Nanggo di Merauke. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan Sanggar Waninggap Nanggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu teknik analisis data dengan menggunakan penjelasan dalam bentuk kalimat yang diperoleh dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil wawancara, peranan inovasi produk yang selama ini dilakukan masih belum cukup efektif dalam meningkatkan kinerja usaha. Terbukti dengan berbagai inovasi motif yang ditawarkan, frekuensi pembelian konsumen atau penjualan terhadap batik Merauke tidak stabil dan memiliki pertumbuhan penjualan yang fluktuatif. Penyebabnya adalah selain inovasi tersebut tidak dilakukan dengan proses dan tahapan yang jelas, inovasi tersebut juga tidak diikuti dengan pemasaran yang baik. Dengan kata lain, peranan inovasi produk dalam meningkatkan kinerja usaha belum optimal karena selama ini proses dan tahapan inovasi belum dilakukan dengan baik dan jelas, diperlukan perbaikan pada proses dan tahapan inovasi serta konsep usaha yang lebih dari sekedar mengikuti pameran dan pemasaran mulut ke mulut supaya usaha batik Merauke bisa mengalami peningkatan penjualan yang stabil.
Published
17-07-2018
Section
Artikel