PEMANFAATAN NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) UNTUK MENDUKUNG KINERJA PELAYANAN KANTOR KELURAHAN DI KABUPATEN MERAUKE (Studi kasus : Kantor Kelurahan Seringgu Jaya)

  • Stanly H.D Loppies Universitas Musamus, Merauke
  • suwarjono suwarjono
Keywords: NAS, Topologi Jaringan, Kuisioner

Abstract

Penelitian yang di Kantor Kelurahan Seringgu Jaya telah menunjukan bahwa NAS( Network Attached Storage) server dapat menjadi solusi untuk melakukan penyimpanan file yang dapat mengamankan file dari serangan virus dan dapat di fungsikan agar dapat berbagi file dalam suatu jaringan komputer. Dimana permasalahan yang terdapat pada kantor tersebut adalah tidak teraturnya dalam menyimpan file dan rentan dalam serangan virus yang mengakibatkan kerusakan maupun kehilangan file sehingga kurang efektifnya kinerja pegawai dalam pelayanan terhadap masyarakat. Sebuah Server diperlukan agar dapat menampung berbagai data secara terpusat, menjaga keaslian dan keamanan data dari virus yang dapat merusak data, serta dapat menyediakan sistem berbagi file (file sharing). Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan studi literatur, perancangan sistem dengan menentukan topologi jaringan yang tepat, serta implementasi sistem dengan teknik pengujian langsung dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil implemntasi NAS selama 2 bulan pada Kantor Kelurahan Seringgu Jaya menunjukkan NAS sangat membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta sangat dibutuhkan oleh kantor kelurahan seringgu jaya sendiri dalam urusan administrasi karena dinilai efektif dan efisien.
Published
11-11-2019
How to Cite
Loppies, S., & suwarjono, suwarjono. (2019). PEMANFAATAN NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) UNTUK MENDUKUNG KINERJA PELAYANAN KANTOR KELURAHAN DI KABUPATEN MERAUKE (Studi kasus : Kantor Kelurahan Seringgu Jaya). Musamus Journal of Technology & Information, 2(1), 22-25. https://doi.org/10.35724/mjti.v2i1.2452