IMPLEMENTASI METODE ELEMINATION ET CHOIX TRADUISANT REALITY PADA SPK CALON PENERIMA BEASISWA PIP

  • Rabiah Adawiyah Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Isra Isra Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: ELECTRE, , SPK, PIP

Abstract

PIP merupakan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat miskin dalam hal pendidikan yang diberikan kepada keluarga dengan anak usia sekolah (6-21 tahun) berasal dari keluarga miskin. PIP merupakan penyempurnaan dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang memberikan bantuan tunai pendidikan bagi anak usia sekolah yang berhak terutama dari keluarga pemegang KKS dan ditandai dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Penulis mengambil studi kasus pada SMA negeri 2 Kolaka. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kriteria yang terlalu banyak sehingga menyulitkan pihak sekolah dalam menentukan prioritas calon penerima PIP. Dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK)  diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan Metode Elemination Et Choix Traduisant Reality  (ELECTRE).

Metode ELECTRE adalah salah satu metode yang menggunakan multi kriteria dengan konsep outranking dengan membandingkan alternatif-alternatif yang berpasangan dari setiap kriteria yang sesuai. Adapun Kriteria yang digunakan yaitu Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa atau kelurahan, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan, status anak dan tempat tinggal. Hasil yang dicapai adalah sistem  pendukung keputusan penerima Beasiswa PIP menggunakan metode ELECTRE. Berdasarkan hasil dan pembahasan dengan menggunakan empat alternatif sebagai data uji maka diperoleh peringkat paling tinggi adalah alternatif A3 dan A4 yang direkomendasikan menjadi penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar. Hasil rancangan sistem ini dapat menjadi alat bantu dalam merekomendasikan penerima Beasiswa PIP tiap tahunnya di SMA Negeri 2 Kolaka.

Published
2020-04-30
How to Cite
Adawiyah, R., & Isra, I. (2020). IMPLEMENTASI METODE ELEMINATION ET CHOIX TRADUISANT REALITY PADA SPK CALON PENERIMA BEASISWA PIP. Musamus Journal of Technology & Information, 2(02), 34-39. https://doi.org/10.35724/mjti.v2i02.3043