PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • Angla F Sauhenda Universitas Musamus
  • Zem Santo Universitas Musamus
Keywords: berpikir kritis; keterampialn menulis; teks eksposisi; model pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Penelitian ini  dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Yohanes Aerts melalaui keterampialan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (acting), (3) tahap pengamatan (observing), dan (4) tahap refleksi (reflecting). Pada tahap prasiklus menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 19,35%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama, maka kemampuan berpikir kritis siswa mulai meningkat dan mencapai 45,16%, siklus kedua mencapai 77,41%, dan siklus ketiga mencapai 87,10%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai pada setiap siklus yang telah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas ini telah berhasil.  Kata kunci: berpikir kritis; keterampialn menulis; teks eksposisi; model   pembelajaran  berbasis masalah
Published
30-04-2019
How to Cite
Sauhenda, A., & Santo, Z. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Musamus Journal of Language and Literature, 1(02), 69-78. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/lite/article/view/2893

Most read articles by the same author(s)