PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Angla F Sauhenda Universitas Musamus
  • Mohamad Iksan Universitas Musamus
  • Ranta Butarbutar Universitas Musamus
Keywords: pendekatan kontekstual; keterampilan menulis; teks berita

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus di SMP Yohanes XXIII Merauke. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan mpendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Yohanes XXIII Merauke. Setiap tahap prasiklus, siklus, I, dan siklus II dilakukan denagan tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil penelitian pada siklus pertama menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis teks berita mencapai 58,33%. Hasil peningkatan pada siklus II mencapai 86,11%. Berdasarkan kedua hasil presentase di atas telah menunjukan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: 
Published
30-04-2020
How to Cite
Sauhenda, A., Iksan, M., & Butarbutar, R. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Musamus Journal of Language and Literature, 2(02), 82-87. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/lite/article/view/2927

Most read articles by the same author(s)