IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Batseba Sipahelut SMP Negeri 2 merauke
  • Markus Palobo Universitas Musamus

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan  menerapkan  model  pembelajaran  Guided inquiry. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  yang  dilaksanakan  pada  siswa  kelas  IX B SMP Negeri 2 Merauke tahun ajaran 2018/2019. Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  metode observasi dan  metode  tes.  Instrumen lembar observasi untuk  mengamati keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan  siswa dalam pembelajaran matematika, dan instrumen  tes  berupa  tes  pilihan ganda dan essai  untuk  mengukur prestasi belajar. Teknik  analisis  data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I rata-rata 67,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 28,5% meningkat pada siklus  II  menjadi  rata-rata 73,31 dengan  ketuntasan  klasikal  100%.  Hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa implementasi model pembelajaran Guided inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Merauke. Kata Kunci: Guided inquiry, prestasi belajar

Author Biography

Markus Palobo, Universitas Musamus
Jurusan Pendidikan Matematika
Published
21-01-2019
How to Cite
Sipahelut, B., & Palobo, M. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 023-033. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1111

Most read articles by the same author(s)