PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA

  • Angla F Sauhenda Universitas Musamus
  • Adiyanti Klementina Kidahane Universitas Musamus
  • Basilius Redan Werang Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan handphone (HP) terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP YPPGI Gerardus Adii Merauke, Papua. Tujuan tersebut dicapai melalui penerapan pendekatan kuantitatif menggunakan rancangan penelitian survey. Rumusan masalah yang menuntun pelaksanaan penelitian ini adalah apakah penggunaan HP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP YPPGI Gerardus Adii Merauke, Papua. Sampel penelitian ini berjumlah 78 orang, sama dengan jumlah populasi. Data penelitian ini diperoleh melalui dua cara: (a) data tentang penggunaan HP diperoleh melalui penyebaran angket kepada para siswa; dan (b) data tentang prestasi belajar siswa diperoleh melalui pengumpulan nilai rapor mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan HP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP YPPGI Gerardus Adii Merauke, Papua. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para guru dan, terlebih khusus, para orang tua dalam mendorong anak-anaknya untuk tekun belajar dan mengontrol anak-anaknya dalam menggunakan HP. Kata Kunci: handphone, prestasi belajar, bahasa Indonesia

Author Biographies

Angla F Sauhenda, Universitas Musamus
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Adiyanti Klementina Kidahane, Universitas Musamus
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Basilius Redan Werang, Universitas Musamus
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published
21-01-2019
How to Cite
Sauhenda, A., Kidahane, A., & Werang, B. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 034-044. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1114

Most read articles by the same author(s)