PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP NEGERI 11 MERAUKE DI SOTA, PAPUA

  • Santy monika Universitas Musamus
  • Maria Dolorosa Nem Universitas Musamus
  • Basilius Redan Werang Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 11 Merauke di Sota, Papua. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survey. Rumusan masalah yang menuntun pelaksanaan penelitian ini adalah apakah lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 11 Merauke di Sota, Papua. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang, diambil secara purposif dari populasi yang berjumlah 119 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua cara, yaitu penyebaran angket yang berisikan sejumlah pernyataan yang ditanggapi para siswa responden, dan (b)  mendapatkan nilai rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia dari para siswa yang telah ditetapkan sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 21 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 11 Merauke di Sota, Papua. Hasil penelitian ini menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan pendidikan yang dapat mendorong keterlibatan aktif para orang tua dalam mendukung anak-anak mereka untuk belajar

Kata Kunci:  lingkungan keluarga, hasil belajar siswa, bahasa Indonesia

Author Biographies

Santy monika, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Maria Dolorosa Nem, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Basilius Redan Werang, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Matematika

Published
2018-07-05
How to Cite
monika, S., Nem, M., & Werang, B. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP NEGERI 11 MERAUKE DI SOTA, PAPUA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 030-038. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i2.924

Most read articles by the same author(s)