Penggunaan Matematika Realistik melalui Media Autograph untuk Meningkatkan Minat dan Pemecahan Masalah Matematis

  • Dian Mayasari Musamus University
Keywords: pemecahan masalah matematis; minat siswa; media autograph

Abstract

Penelitian ini memaparkan hasil penelitian yang bertujuan untuk menganalisis: apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan minat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Serui yang diajarkan dengan matematika realistik melalui media pembelajaran autograph berbasis generasi mileneal 4.0: serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Popuasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Seui. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakn ANAVA dua jalur. Hasil penelirian diperoleh: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat siswa yang diajarkan dengan matematika realistik melalui media pembelajaran autograph berbasis generasi mileneal 4.0 lebih tingi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional: 2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemechan masalah dan minat siswa.

References

Asmar, B. Mallo, & Awuy, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penarikan Kesimpulan Logika Matematika di Kelas X A SMA Karuna Dipa Palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 Nomor 2, 144-156.

Fitrianti, H., Batty, M., Palittin, I. D. (2019). Pemanfaatan Media Kartu Untuk Menigkatkan hasil Belajar Operasi Bilangan. Magistra : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol 6 No 2, 83–89.

Zain, M. S. & Gunawan. (2019). Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Pembelajaran Fisika. Magistra : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Vol 6 No 2, 90–100.

Hidayah, I., & Kurniaasih, D. (2019). An Analysis of Mathematical Connection Ability Viewed from Students ’ Questioning-Skills Through The Educational Tools In Connected Mathematics Project Learning Model. UNNES Journal Of Mathematics Education, Vol 8 No 1, 65–74. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.25949

Lestari, N., & Suryani, D. R. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journl of Matematics Education. Vol 1 No 2, 74–79.

Irianto, M. S. Q., Nur, A. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol 6 No 1, 1–9.

Nurhayati, Meirista, E., Suryani, D. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Magistra : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 6 No 2, 74–82.

Palobo, M. & Meirista, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Berorientasi pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Matematika. Musamus Journal Of Mathematics Education, Vol 1 No 1, 1-16.

Adnyani, L. P. W., Kurniawan, I., & Pinahayu, E. A. R. (2018). Development of Creative-Thinking Instrument in Mathematics Problem Solving Based on Logical Mathematics Intelligence. Journal Of Research And Advances in Mathematics Education, 3(1), 1–12.

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampun Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29–37. Retrieved from http://www.e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_4/201

Hutapea, R., Nurhayati. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw. Musamus Journal Of Mathematics Education, 1, 90–98.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah SIswa SD dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/EH.V9I1.6176

Roya, M. & Meirista, E. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Merauke Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectualy, and Repetition. Musamus Journal Of Mathematics Education, 1(2), 99-107.

Santo, Z., & Hidayat, A. K. (2018). Pengembangan Senam Baca Hitung (Catung) Bagi Siswa Sekolah Dasar Sota Perbatasan RI-PNG). Jurnal Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 6 No 1, 10–22.. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra/article/view/1108/776

Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Winardi. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended Winardi. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 420–431.
Published
24-10-2019
How to Cite
Mayasari, D. (2019). Penggunaan Matematika Realistik melalui Media Autograph untuk Meningkatkan Minat dan Pemecahan Masalah Matematis. Musamus Journal of Mathematics Education, 2(1), 12-21. https://doi.org/10.35724/mjme.v2i1.1812