Analisis Kinerja Trafik Web Browser Dengan Wireshark Network Protocol Analyzer Pada Sistem Client/Server

  • Agus Prayitno
Keywords: kinerja trafik web, Wireshark network protocol analyser, Client/Server

Abstract

Abstrak. Teknologi informasi semakin meningkat dalam dunia telekomunikasi, sehingga menghadirkan beberapa produk teknologi yang dapat digunakan seperti monitoring trafik jaringan untuk mengetahui apakah jaringan berjalan normal atau sedang mengalami masalah. Wireshark adalah program untuk menganalisa protokol jaringan yang dapat merekam semua paket yang lewat dan menampilkan data secara detail, data yang akan dianalisis yaitu suatu website untuk mengetahui tranmisi data apa saja yang terjadi delay, packet loss dan troughput. Pada penelitian ini dapat dilihat hasilnya yaitu Hasil delay terbesar pada saat mengakses alamat web www.youtube.com, dengan hasil delay sebesar 0.8353 sec. sedangkan untuk hasil delay terkecil pada saat mengakses alamat web www.kompas.com, dengan hasil delay sebesar 0.08086, serta untuk mengakses situs tersebut menggunakan browser google chrome. Hasil packet loss pada saat mengakses alamat web www.youtube.com dan www.kompas.com  adalah 0% yang artinya tidak terajadinya paket hilang atau rusak pada saat pengiriman packet data menuju alamat yang akan dituju. Hasil troughput terbesar yaitu pada saat mengakses alamat web www.kompas.com, dengan hasil troughput yaitu 7.353 kbps. Sedangkan untuk hasil troughput terkecil pada saat mengkases alamat web www.youtube.com, dengan hasil troughput yaitu 5.092 kbps. Semakin besar nilai troughput yang dihasilkan saat mengakses alamat web maka penundaan waktu yang dihasilkan semakin kecil, begitu juga sebaliknya.  

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] R. O. L. Sihombing and M. Zulfin, “Analisis Kinerja Trafik Web Browser Dengan Wireshark Network Protocol Analyzer Pada Sistem Client-Server,” Singuda Ensikom, vol. 2, pp. 96–101, 2013.
[2] P. S. Hasugian, “Website Sebagai Media Promosi,” Peranc. WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN Inf. Penda, vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.
[3] M. Oktaviani, S. Sitorus, U. Tjokroaminoto, and U. S. Utara, “Implementasi Client Server pada Drive Thru Dengan Menggunakan Barcode,” vol. 1, no. 1, pp. 44–49, 2012.
[4] V. Ndatinya, Z. Xiao, V. R. Manepalli, K. Meng, and Y. Xiao, “Network forensics analysis using Wireshark,” Int. J. Secur. Networks, vol. 10, no. 2, pp. 91–106, 2015.
[5] U. Sekaran and R. Bougie, Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons, 2016.
[6] S. Naaz and F. A. Badroo, “Investigating DHCP and DNS Protocols Using Wireshark Investigating DHCP and DNS Protocols Using Wireshark,” vol. 18, no. May 2017, pp. 0–8, 2016.
[7] D. Susianto et al., “IMPLEMENTASI DAN ANALISIS JARINGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK , CAIN AND ABELS , NETWORK MINNER ( Studi Kasus : AMIK Dian Cipta Cendikia ),” vol. XVI, pp. 120–125, 2018.
[8] F. X. Manggau, P. Mangera, and S. H. D. Loppies, “Layanan Suara Berbasis Intranet pada LAN Universitas Musamus Merauke,” vol. 1, no. 1, 2012.
[9] T. A. Darsono, “Analisis Kinerja Jaringan Penghubung Antar Gedung Menggunakan WiFi (Studi Kasus: Jaringan Komputer Universitas Musamus Merauke).” Universitas Gadjah Mada, 2017.
Published
08-01-2020
Section
Articles