Aplikasi Penyedia Jasa Perawatan Kecantikan Berbasis Android

  • Lusia Lamalewa
Keywords: jasa perawatan kecantikan, salon, android

Abstract

Abstrak. Penampilan diri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Wanita yang ingin terlihat cantik biasanya akan ke salon kecantikan untuk mempercantik diri atau sekedar untuk merawat diri. Namun pengunjung salon harus antri untuk mendapatkan layanan sedangkan banyak wanita mempunyai kesibukan lain sehingga memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan antri. Selain itu, tidak terdapat informasi penyedia jasa kecantikan yang dapat dihubungi sehingga dapat melakukan perawatan dirumah tanpa harus mengantri di salon. Aplikasi yang dibuat berbasis android, bertujuan untuk membantu wanita yang ingin mendapatkan jasa perawatan kecantikan untuk dapat memilih penyedia jasa kecantikan, jenis layanan, harga dan  waktu tanpa harus antri di salon. Aplikasi dibangun dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisis dan perancangan, pembuatan program dan pengujian aplikasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan black box testing. Dari analisis pengujian ditemukan bahwa pengujian black box mencapai target 100%. Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 20 pengguna aplikasi, 95% pengguna menyatakan setuju terhadap tampilan user interface aplikasi menarik, 85% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi mudah digunakan dan 90% menyatkan sangat setuju bahwa aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

References

Daftar Pustaka
[1] S. Wahyuni, “Makna Cantik Dikalangan Mahasiswa FIS UNP Angkatan 2015.” Universitas Negeri Padang, 2018.
[2] K. P. Sunastiko, N. R. H. Frieda, and A. Putra, “Hubungan Antara Citra Diri (Self Image) dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang,” Empati, vol. 2, no. 3, pp. 52–59, 2013.
[3] M. E. Siregar and D. Anyangsen, “Aplikasi Game Edukasi Belajar Menghafal Huruf dan Angka Berbasis Android dengan Metode Prototype,” J. Inov. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2019.
[4] H. H. Rohaeni Asri Salimah; Rahmayani, Rani, “Be Good Atitude Dalam Berpenampilan Pada UMKM “Mang Piat” Kabupaten Bandung Barat,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., no. Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2018.
[5] Y. S. Padang, L. Sumaryanti, and Y. Kolyaan, “Sistem Informasi Tempat Pemakaman Umum Tanah Miring Kabupaten Merauke Berbasis Web,” Musamus J. Res. Inf. Commun. Technol., vol. 1, no. Nomor 1, pp. 18–29, 2018.
[6] D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, “Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, 2016.
[7] F. Furaiji, M. Łatuszyńska, and A. Wawrzyniak, “An empirical study of the factors influencing consumer behaviour in the electric appliances market,” Contemp. Econ., vol. 6, no. 3, pp. 76–86, 2012.
[8] S. A. Pratiwi, I. M. Sukarsa, and I. K. A. Purnawan, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemesanan Bunga Berbasis Android,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), 2016.
Published
08-01-2020
Section
Articles