Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Saluran Drainase Tersier Menggunakan Metode TOPSIS

  • Izak H Wayangkau universitas Musamus
Keywords: Drainase, Tersier, SPK, TOPSIS

Abstract

Saluran drainase tersier merupakan saluran yang menerima dari saluran lokal ataupun pembuangan dari permukiman yang kemudian akan menyalurkannya ke saluran sekunder. Saluran tersebut menjadi tanggung jawab dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Merauke. Namun terdapat kendala dalam proses penentuan lokasi pembangunannya, karena tidak adanya referensi tentang tingkat skala prioritas setiap lokasi alternatif. Sehingga perlu dikembangkan sistem yang dapat memberikan rekomendasi berdasarkan perankingan prioritas tempat pembangunan saluran drainase tersier dengan menerapkan metode TOPSIS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode TOPSIS. Metode tersebut bisa menjamin untuk semakin mendekatkan dengan kriteria keuntungan dan menjauhkannya dari kriteria yang bersifat kerugian. Metode blackbox, user acceptance test dan pengujian akurasi merupakan metode pengujian sistem yang digunakan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dan manajemen basis datanya adalah MySQL. Setelah dilakukan perancangan, implementasi dan pengujian sistem menggunakan uji akurasi dengan membandingkan hasil perangkingan sistem dan dinas didapatkan presentase sesuai sebesar 100%. Sehingga sistem dapat membantu pengambilan keputusan penentuan lokasi pembangunan saluran.   Kata Kunci : Drainase, Tersier, SPK, TOPSIS

References

[1] I. K. Santiary, Putri Alit Widyastuti ; Ciptayani, Putu Indah ; Saptarini, Ni G. A. P. Harry ; Swardika, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata Dengan Metode TOPSIS,” vol. 5, no. 5, pp. 621–628, 2018.
[2] S. Suwarjono and I. Wayangkau, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Atlet Taekwondo Kabupaten Merauke Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” Musamus J. Technol. Inf., vol. 1, pp. 24–32.
[3] P. U. Menteri, “Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014,” 2014.
[4] I. Muzakkir, “Penerapan Metode Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa Ii,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, p. 274, 2017.
[5] A. S. M. Palit, Randi V. ; Rindengan, Yaulie D.Y. ; Lumenta, “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang,” E-JOURNAL Tek. ELEKTRO DAN Komput., 2015.
[6] H. R. Mustaqbal, M.S. Roeri Fajri Firdaus., “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” Penguji. Apl. Menggunakan Black Box Test. Bound. Value Anal., 2015.
[7] “Klasifikasi Posting Twitter Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Menggunakan Naive Bayesian Classification,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., 2013.
[8] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D). 2008.
Published
10-03-2020
Section
Articles