DESAIN DAN IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING (M-LEARNING) GEOMETRY AND BULDING FLAT (GBF)

  • Sri Murniani Angelina Letsoin

Abstract

Mobile Learning merupakan model kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi, yang dapat digunakan untuk mendukung aktifitas hybrid learning. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN Buti Kabupaten Merauke diperoleh 85,45% siswa menjawab sedikit sulit, 7,27% siswa menjawab sulit dan 7,27% siswa menjawab sangat sulit dalam mempelajari bidang Matematika mengenai geometri dan bangun datar, serta diperoleh rata-rata penggunaan smartphone untuk chating, internet dan hiburan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis m-learning khususnya pada platform android untuk mendukung pembelajaran geometri dan bangun ruang.  Metode penelitian yang digunakan pada tahapan pengumpulan data adalah studi literatur, observasi, kuisioner dan wawancara. Metode Prototype digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Perancangan sistem menggunakan Bahasa pemodelan UML dan flowchart. Tahap implementasi menggunakan bahasa Java dengan berbantukan IDE Eclipse. Pengujian sistem menggunakan 3 metode yaitu: Black Box, Kuisioner dan Uji T. Luaran penelitian ini berupa aplikasi Geometry and Building Flat (GBF) yang  dapat digunakan sebagai media pendukung belajar matematika tentang bangun ruang dan bangun datar. Kata Kunci: M-learning, Geometri, Waterfall, Black box, Uji T
Published
06-08-2018
How to Cite
Letsoin, S. (2018). DESAIN DAN IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING (M-LEARNING) GEOMETRY AND BULDING FLAT (GBF). MUSTEK ANIM HA, 7(1), 57-68. https://doi.org/10.35724/mustek.v7i1.1500