PENERAPAN MODEL COMPUTER ASSISTED LEARNING (CAL) DAN COMPUTER ASSISTED TEACHING (CAT) PADA SEKOLAH TAPAL BATAS RI - PNG (STUDI KASUS : SMK N 1 SOTA KABUPATEN MERAUKE)

  • Sri Murniani Angelina Letsoin
  • Suwarjono Suwarjono
Keywords: SMK N 1 Sota, CAL CAT, UML, Blackbox, e-learning

Abstract

Model CAL+CAT telah banyak diterapkan dalam sistem pembelajaran elektronik dewasa ini antara lain adalah learning management system yang dapat digunakan untuk mendisain proses pengajaran dan pembelajaran. Desain proses pengajaran dan pembelajaran ini dapat berbeda-beda sesuai dengan tahapan pembelajaran (learning sequence) yang diacu. Salah satu struktur tahapan pembelajaran elektronik dapatmengacu kepada teori horton antara lain struktur classic, dan knowledge paced (Horton, 2000, h.136-144) dengan ciri karakteristik masing-masing. Struktur knowledge paced menghasilkan struktur pembelajaran yang harus diawali dengan tes, sedangkan struktur classic menghasilkan tahapan pembelajaran yangumumnya diawali dari materi, contoh soal, rangkuman dan evaluasi. Sistem pembelajaran elektronik ini dibutuhkan pula oleh SMKN 1 Sota, merupakan sekolah menengah kejuruan yang berada pada daerah perbatasan RI–PNG sebagai salah satu media pembelajaran. SMKN 1 Sota saat ini belum menerapkan sistem pembelajaran elektronik namun fasilitas teknologi informasi cukup memungkinkan untuk diterapkan.Luaran dari penelitian ini berupa aplikasi elektronik pembelajaran yang dapat digunakan oleh pengajar dan peserta didik dilingkungan SMK N 1 Sota. Sistem ini diterapkan dengan menggunakan teknologi WEB yaitu PHP5, CSS, HTML, dan java script; pemodelan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Teknik pengujian yang diterapkan selain menggunakan teknik blackbox, dilakukan juga test penerimaan pengguna (user acceptance) untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap aplikasi ini. Berdasarkan hasil penelitian, fitur aplikasi ini telah dapat digunakan pengajar untuk mengelola materi, soal, contoh soal, rangkuman, tugas, latihan; sedangkan peserta didik dapat mengaksesnya sesuai kelas virtual yang telah ditentukan oleh pengajar.
Published
08-12-2014
How to Cite
Letsoin, S., & Suwarjono, S. (2014). PENERAPAN MODEL COMPUTER ASSISTED LEARNING (CAL) DAN COMPUTER ASSISTED TEACHING (CAT) PADA SEKOLAH TAPAL BATAS RI - PNG (STUDI KASUS : SMK N 1 SOTA KABUPATEN MERAUKE). MUSTEK ANIM HA, 3(3), 285-296. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mustek/article/view/199