KAJIAN POLA RESAPAN AIR TAWAR DALAM TANAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK SEBARAN SUMUR GALI & PERBANDINGAN KONTRIBBUSINYA DENGAN DEBIT PDAM (Studi Kasus Permukiman Padat, Jln. Ampera I, II, III & IV, Kota Merauke)

  • Agustan Agustan Universitas Musamus
  • Biatma Syanjayanta Universitas Musamus

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan  pola distribusi resapan air tawar yang ada pada resapan tanah dengan mengamati karakteristik sumur gali dimaksud.   Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan metode pemetaan karakteristik sumur gali. Caranya harus dilakukan sensus sumur gali disetiap zona yang ditinjau sehingga terjadi pengamatan langsung kondisi sumur sebenarnya. Pengambilan data dilengkapi dengan peralatan GPS dan lembar kuesioner. Terdapat 2 sumur kedalaman 1 meter dan keadaan dasarnya kering saat kemarau. Sumur terdalam sedalam 5,5 meter. Kedalaman sumur 2,5 meter mendominasi sebanyak 22 unit. Muka air tanah rata-rata sedalam 1 meter dari permukaan lantai dasar bangunan. Jika dikurangi dengan hasil kenaikan timbunan lantai bangunan dan jalanan setinggi 1 meter, maka akan diperoleh muka air tanah sejajar dengan dasar rawa asli. Begitu juga dengan muka air pasang surut sekitar 1 meter dari permukaan tanah asli. Berdasarkan karakteristik data sumur yang terkumpul dan penilaian geografis memberikan dua potensi kecenderungan. Potensi tawar yang tercampur dalam sumur berasal dari endapan air hujan yang tersimpan dalam rongga dan pori lapisan tanah. Kadar garam pada lapisan tanah akan selalu ada karena setiap hari permukaan tanah ampera terhubung langsung dengan laut. Potensi kecenderungan ini memberikan efek payau/slobar yang hampir seragam disemua sumur yang ditinjau. Kontribusi  PDAM = 1.573 m3 atau (25,98%) , Suplai dari mobil tangki air= 730 m3 atau (12%), Suplai Sumur Gali = 3.750 m3 atau (61,95%)  dari total penggunaan seluruhnya sebesar  6.053 m3.
Published
08-04-2019
How to Cite
Agustan, A., & Syanjayanta, B. (2019). KAJIAN POLA RESAPAN AIR TAWAR DALAM TANAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK SEBARAN SUMUR GALI & PERBANDINGAN KONTRIBBUSINYA DENGAN DEBIT PDAM (Studi Kasus Permukiman Padat, Jln. Ampera I, II, III & IV, Kota Merauke). MUSTEK ANIM HA, 8(1), 1-22. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mustek/article/view/2058