STUDI PENGARUH KRIB HULU TIPE IMPERMEABEL PADA GERUSAN DI BELOKAN SUNGAI (STUDI KASUS PANJANG KRIB 1/10 DAN 1/5 LEBAR SUNGAI)

  • Jeni Paresa
Keywords: krib, kecepatan aliran, volume gerusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji bagaimana pengaruh pemasangan krib di hulu dengan pegurangan gerusan yang terjadi di belokan sungai (2) Menentukan hubungan antara debit aliran sungai, waktu pengaliran dan panjang krib impermeabel di hulu dengan pengurangan gerusan yang terjadi di belokan sungai.            Penelitian dilakukan dengan uji model eksperimental di laboratorium dengan model 3 macam variasi debit (Q), 2 variasi panjang krib yaitu 1/10 dan 1/5 dari lebar sungai dan 3 variasi waktu pengaliran.Dari hasil penelitian pengaruh waktu terhadap volume gerusan dan pengaruh panjang krib dengan volume gerusan dibuat dalam grafik dan memperlihatkan pengurangan volume gerusan paling minimum terjadi pada krib dengan panjang 1/5 lebar sungai. Pengaruh waktu terhadap volume gerusan dan pengaruh panjang krib terhadap volume gerusan didapatkan dari grafik bahwa yang paling terlihat pengurangan volume gerusan paling minimum terjadi pada krib dengan panjang 1/5 lebar sungai pada waktu T = 1800 detik yaitu sebesar              Vg = 0,0177 m3.
Published
06-08-2015
How to Cite
Paresa, J. (2015). STUDI PENGARUH KRIB HULU TIPE IMPERMEABEL PADA GERUSAN DI BELOKAN SUNGAI (STUDI KASUS PANJANG KRIB 1/10 DAN 1/5 LEBAR SUNGAI). MUSTEK ANIM HA, 4(2), 120-130. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mustek/article/view/461

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>