PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK MEMBANTU PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KERAJINAN KHAS MASYARAKAT ASLI PAPUA DI MERAUKE

  • Agustan Latif
  • Selfina Pare
Keywords: UKM, e-commerce, CRM

Abstract

Merauke memiliki potensi sumber kerajinan khas papua yang begitu banyak, hal ini perlu di dukung dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat asli Papua di masa yang akan datang. Permasalahan mendasar pada produk kerajinan khas papua masyarakat asli papua yakni sulitnya melakukan pemasaran dan penjualan agar dikenal secara global. Penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat asli Papua dalam memasarkan dan menjual produk kerajinan khas setempat dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam hal ini yakni electronic commerce (e-commerce) berupa sebuah website online. Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan suatu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.Penggunaan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) yaitu operasional, manajemen dan kolaboratif menjadi tolak ukur dalam pembuatan website e-commerce agar sesuai kebutuhan untuk mendapatkan hubungan yang baik dengan pelanggan (End User), sehingga dapat memaksimalkan keuntungan masyarakat asli papua. Tools yang digunakan untuk mengembangkan website pemasaran dan penjualan tersebut  yakni PHP dan Dreamweaver.Hasil penelitian ini yakni dengan adanya aplikasi e-commerce dapat menjadi salah satu solusi pemasaran dan penjualan produk khas papua, meningkatkan pendapatan masyarakat asli papua serta dengan menggunakan pendekatan CRM menghasilkan suatu aplikasi e-commerce  yang komunikatif dan informatif serta mampu menyediakan kemudahan seperti pemasaran, penyediaan barang, transaksi perdagangan serta sarana komunikasi yang terarah.
Published
01-08-2017