ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN LAYANAN PDAM DI KABUPATEN MERAUKE (Studi Kasus Kelurahan Rimba Jaya)

  • Jeni Paresa
Keywords: Layanan Kebutuhan, PDAM Merauke, Kelurahan Rimba Jaya

Abstract

Kebutuhan  masyarakat  Merauke  khususnya  di  Kelurahan  Rimba  Jaya  akan  air  bersih semakin  meningkat  karena  pertumbuhan  penduduk  dari  tahun  ke  tahun.  Penduduk  Kelurahan Rimba Jaya menggunakan fasilitas air tanah dan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, sehingga dilakukan analisis layanan PDAM untuk mengetahui tingkat layanan PDAM di kelurahan Rimba Jaya Merauke.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi pelanggan PDAM Kelurahan Rimba Jaya Merauke. Dalam penelitian ini diambil 46 sampel pelanggan PDAM blok 1, kelurahan Rimba Jaya dengan kuesioner dan wawancara menggunakan persentase deskriptif.Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ketersediaan debit air PDAM PT. Wedu Merauke saat ini yaitu sebesar 1.050,250 m3/hari sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat Kelurahan Rimba Jaya untuk 20 tahun yang akan datang sebesar 1.158,085 m3/hari dengan prediksi jumlah penduduk untuk tahun 2036 sebesar 29.509 jiwa. Sedangkan tingkat   kepuasan   pelanggan   secara keseluruhan   mencakup kualitas layanan yang baik yaitu sebesar 59,236% yang berarti bahwa pelanggan merasa cukup puas dengan pelayanan PDAM PT. Wedu Merauke. 
Published
01-08-2017