Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Lempar Lembing Dengan Menggunakan Media Turbo

  • Marliz Rante Allo SMAN SATAP Terintegerasi 1 Merauke
  • Adi Sumarsono PJKR FKIP Universitas Musamus Merauke
  • Syamsudin Syamsudin PJKR FKIP Universitas Musamus Merauke
Keywords: Hasil Belajar, Media Turbo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar lempar lembing dengan menggunakan media turbo pada siswa kelas VIII SMPN SATAP Terintegerasi 1 Merauke. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan metode analisis data kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian siswa kelas VIII berjumlah 26 siswa, terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah hasil belajar tiga aspek: kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu: format aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Sehingga hasil penelitian menunjukkan penerapan media turbo pada siklus I dengan ketuntasan  26,92% atau 7 siswa tuntas termasuk dalam kategori kurang karna pemberian jarak dan tinggi target yang kurang tepat. Setelah  dilakukan penambahan jarak dan tinggi target pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan sebesar 100% yaitu 26 siswa tuntas termasuk dalam kategori  baik.
Published
21-10-2020
How to Cite
Allo, M., Sumarsono, A., & Syamsudin, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Lempar Lembing Dengan Menggunakan Media Turbo. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(01), 1-13. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/physical/article/view/2121