Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)

  • Taufik Hidayat MTS Al - Munawwaroh Merauke
Keywords: STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PJOK ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Dengan subyek siswa kelas VII A Mts Al Munawwarh Merauke yang berjulah 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa putra dan 13 siswa putri. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya menyamping  dengan metode kooperatif tipe STAD berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 56 dengan ketuntasan 43% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 74 dengan ketuntasan 90% yang berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.
Published
30-04-2020
How to Cite
Hidayat, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 2(02), 43-53. https://doi.org/10.35724/mjpes.v2i02.2520