Pengaruh Latihan Squat Thrust Dan Obstacle Run Terhadap Peningkatan Kelincahan Pemain Bulutangkis

  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Subang
  • Deni Mudian Universitas Subang
  • Aris Risyanto Universitas Subang
Keywords: Squat Thrust, Obstacle Run, Kelincahan

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan berawal dari pemikiran penulis terhadap kemampuan teknik dasar gerak permainan bulutangkis. Dalam proses pelatihan khususnya pada cabang olahraga bulutangkis sudah tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Pada prosesnya hasil dari latihan yang dilaksanakan akan ditentukan oleh beberapa faktor, salah satu indikator yang dapat diamati adalah  metode serta bentuk latihan yang diterapkan oleh pelatih. Dari paparan tersebut penulis ingin mencoba lebih jauh lagi mengamati mengenai permasalahan yang seringkali menjadi kendala pada proses pelatihan yaitu efektifitas serta hasil dari metode latihan yang diterapkan.Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan adalah ingin mengetahui pengaruh latihan dengan bentuk latihan squat thrust dan obstacle run terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan olahraga bulutangkis. Serta ingin mengetahui perbedaan hasil dari kedua bentuk latihan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrumen penelitian atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lari zig zag untuk mengukur kelincahan pemain bulutangkis. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP IT Alamy Subang yang tergabung dalam ekstrakurikuler cabang olahraga bulutangkis.Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut : Latihan squat thrust dan obstacle run memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan olahraga bulutangkis
Published
30-10-2020
How to Cite
Haris, I., Mudian, D., & Risyanto, A. (2020). Pengaruh Latihan Squat Thrust Dan Obstacle Run Terhadap Peningkatan Kelincahan Pemain Bulutangkis. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(01), 42-49. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i01.3205