Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar

  • Dewi Puji Rahayu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
Keywords: contextual teaching and learning, learning outcomes

Abstract

Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil BelajarMateri Bangun Datar di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikanpenggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dikelas III sekolah dasar, (2) meningkatkan hasil belajar materi bangun datar di kelas III sekolah dasardengan model pembelajaran kontekstual.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklusdengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas III SD Negeri 2 Panjer yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 17 siswaperempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Validitasdata menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis datamenggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikansimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan model pembelajaran kontekstualdilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) kontruktivisme, (b) menemukan (inquiry), (c) bertanya(questioning), (d) masyarakat belajar (learning community), (e) pemodelan (modelling), (f) refleksi, (g)penilaian sebenarnya (penilaian autentik). Peningkatan ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosesbelajar dan hasil belajar materi bangun datar yang ditentukan yaitu 70. Proses belajar siswa meningkatdari 55% menjadi 80%. Hasil belajar siswa meningkat dari 45 menjadi 65 dan 77. Persentase ketuntasansiswa juga meningkat dari 10% menjadi 57% dan 85%.Simpulan penelitian ini adalah pengggunaan model pembelajaran Kontekstual yang dilaksanakansesuai skenario dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2Panjer.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ekowati, C. K., Darwis, M., Upa, H. M.D., P., & Tahmir, S. (2015). The Application of Contextual
Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation at SMPN 1 Kupang.
International Education Studies, 8(8), 81-86.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siregar, E. & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
21-04-2019
How to Cite
Rahayu, D. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 061-072. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1464
Section
Articles