Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze

  • Rudolfus Ruma Bay Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus Merauke
Keywords: student activities, the results of the study, the media image

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuanuntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran saintifik denganmenggunakan media gambar foto pada siswa kelas V SDN Boameze, Kecamatan Soa,Kabupaten Ngada. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaran. Setiap siklusterdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Boameze yangberjumlah 23 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018, dan objek penelitian adalahaktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan denganmenggunakan media gambar foto materi pokok contoh-contoh organisasi di lingkungan sekolahdan masyarakat, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasilpengamatan dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat daripeningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,36% menjadi 82,09% padasiklus II dan 87,83% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat daripeningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 60,87% menjadi 78,26% pada siklusII dan 95,65% pada siklus III.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PendidikanKewarganegaraan dengan menggunakan media gambar foto dengan materi contoh-contohorganisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa kelas V SDN Boameze, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada.Kata Kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, media gambar.

References

Ahmadi, A danPrasetya, J. T. 1997. Satrategi belajar mengajar. Bandung: PustakaSetia.
Ali, M. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Anderson, R. H. 1984. Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta.
Universitas terbuka dan PT Raja Grafindo Persada.
Aqib, Dinati, Jaiyorah dan Khotimah. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV. Yrama
Widya.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Arsyad. A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Budimansya, D. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun karakter
bangsa: Widya Aksara Press.
Carney, R. N and Levin, J. R. 2002. Pictorial Illustrational Still Improve Students, Learning From
Text. Educational Psychology Review. Vol. 14 No. PP 12-26.
Dahar, R.W.1995.Teori-Teori Belajar, Bandung Erlangga
Dale, E. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The
Dryden Perss.
Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Model Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Penerapan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Home. Vol. 1, No. 4. PP 6-15.
Gerlach, V. G. dan Ely, D.P. 1971.Teaching. And Media, A systematic Approach, Prentice-Hall,
Englewood Cliffs.
Gordon, D.dan Jeannette 2002. Revolusi Cara Belajar terjemahan. Kaifa. Bandung.
Hamalik, Oemar 1989.Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan Berdasarkan Pendekatan
kompetensi PT: Bandung: CV, Mandar Maju
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Klasone, I. 2013, Using Picturrs When Teaching Prepositions in English Lesson in the Froms.
Jurnal of Language and Literature Education, No. 8, PP 23-28.
Kunandar. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2010. Penerapan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar
Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.1, No. 4. PP 10-15.
MD. Melor. Yunus dkk. 2013. Using Visual Aids as a Motivational Tool in Enhancing Students,
Interest in Reading Literary Texts. Recent Advances in Educational Technologies, PP 116-
117.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Nasution. 1997. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPA. Jakarta: Depdikbud
Peraturan Pemerintah RI. 2005. Standard Nasional Pendidikan no. 1. Jakarta.
Ratumanan dan Laurens. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Surabaya: University Press
Rohani, A. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Rokni, S. J. A and Karimi, N. 2013. Visual Instrution: an Advantage or a Disavantage? What
About its Effect on Efl Learners. Vocabulary Learning?. Asian Journal of social sciences dan
Humanities. Vol. 2 No. 4 PP 236-243.
Rusman. 2012. Belajardan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sadiman. 2008. Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JPGSD. Vol. 01, No. 02 PP 2-12.
Sanaky, H. A. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Schell, K dkk. 2009. Photovoice as a Teaching Tool: Learning by Doing With Visual Methods.
International journal of Teaching and Learning in Higher Education Vol 21, No. 3 PP 340-
352.
Simanjuntak, I. P. 1983. Proses Belajar Mengajar. Kanisius. Jakarta.
Slameto. 2005. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta.
Sudjana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Sudjana, N. dan Rivai. A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta.
Sukidin, Basrowi dan Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.
Sutjipto, C. K. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana.2011: 40. Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Bejar Siswa Pada
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JPGSD. Vol. 01. No. 02. PP 2-12.
Sukiman. (2012: 6). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Pelajaran Kewarganegaraan. JPGSD. Vol. 01. No. 02 PP 2-12.
Tirtarahardja, Umar. Dkk. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
21-04-2019
How to Cite
Bay, R. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 083-092. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1466
Section
Articles