Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Media Bulletin Board pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Yogyakarta

  • Nurlayli Hasanah Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DIni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus Merauke
  • Ishartiwi Ishartiwi Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nur Hayati Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada anakTK kelompok B menggunakan media bulletin board di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Jenispenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Model penelitian yangdigunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B3 di TKNegeri Pembina Yogyakarta, sejumlah 25 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tesberbicara (lisan), observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptifkuantitatif. Kemampuan menyimak dikatakan berhasil apabila 80% dari 25 jumlah anak telahmencapai indikator kemampuan menyimak pada kriteria baik dengan hasil nilai rata-rata mencapai‚Č• 8,50.Penggunaan media bulletin board dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada anakkelompok B di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari rerata kemampuanmenyimak cerita pada siklus I meningkat sebesar 1,36 dari kondisi awal 6,88 meningkat menjadi8,24. Kemampuan menyimak cerita pada siklus II meningkat sebesar 2,30 dari kondisi awal 6,88meningkat menjadi 9,18.Kata kunci: kemampuan menyimak cerita, media bulletin board
Published
21-04-2019
Section
Articles