Pengaruh Model Treffinger terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: model pembelajaran treffinger, berpikir kreatif

Abstract

Treffinger merupakan pembelajaran konstruktivistik yang dapat melatih kemampuan berpikir kreatif. Model Treffinger dalam penelitian ini digunakan untuk melatih mahasiswa berpikir kreatif melalui tahapan-tahapan kreatif. Mulai dari tahapan yang sederhana pada tingkat pertama hingga yang majemuk melalui pemecahan masalah kreatif (PMK) pada tingkat ketiga. Kemampuan kreatif bagi mahasiswa sebagai salah satu sarana untuk aktualisasi diri. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian dilakukan di Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian merupakan ma-hasiswa angkatan 2018 kelas A sebagai kelas eksperimen Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata ujian tengah semester. Penelitian  dilakukan pada mata kuliah pendidikan IPS di SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian One Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu berpikir kreatif dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Treffinger. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan selisih nilai pre test dan post test, gain score 29.26. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan independen sample t test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu 0,00. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

References

Agustina, S. (2012). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang Pada Matakuliah Hidrologi. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana UM.
Davis, G. A. (2012). Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. Jakarta: PT Indeks.
Guilford, J. P. (1981). Fundamental Statistics in Psychologi and Education. New York: Mc Graw-Hill International Book Co.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073-082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465.
Maharani, R. K. dan Indrawati D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JPGSD. Volume 06 Nomor 04 Tahun 2018, 506 – 515.
Munandar, S.C.U. (2014). Kreativitas Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Munandar, S.C.U. (1987). Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 50-58. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1945.
Sari, Y. I, dan Putra D. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.2, Jun 2015.
Siswono, Tatag Y.E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Jilid 15, Nomor 1, 60-68.
Slavin, R.E. (2010). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jilid 1. (Terj. Marianto,S.) Jakarta: Indeks.
Solso, R. L. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.
Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Treffinger, D.J. (1980). A Preliminary Models of Creative Learning. Gifted child Quarterly, 24f, 127-138.
Williyatimas. (2005). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Dalam Pembelajaran Matematika Untuk MeningkatkanKemampuan Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SMP Ditinjau dari Peringkat Sekolah. Desertasi. Bandung: Pascasarjana UPI.
Published
06-04-2020
How to Cite
Larasati, D. (2020). Pengaruh Model Treffinger terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 130-139. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2331