Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Andreas Au Hurit Universitas Musamus
  • Mei Lina Wati SD Inpres Polder
Keywords: learning outcomes, sciences, experimental method

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Inpres Polder Merauke. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan tes dan observasi. Sedangkan analisi data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References

Aisyati. (2019). JRTI (Jurnal Ristek Tindakan Indonesia): Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Kapujan. Volume 3 Nomor 2, November 2018, hlm. 119-125.
Aly, A. & Rahma, E. (2011). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyo, N.A. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: DIVA Perss.
Depdiknas. (2005). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen DIkdasmen.
Hastuti, E. S. & Hidayati. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA: Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Ditinjau terhadap Hasil Belajar IPA dari Kemampuan Komunikasi. Volume 5 Nomor 1, Maret 2018, hlm. 25-31.
Mahpudin. (2018). Jurnal Cakrawala Pendas: Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 2, Juli 2018, hlm. 1-10.
Roestiyah. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta.
Rukinem. (2018). JPPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Cahaya di Kelas V SDN 07 Silaut Kecamatan Silaut. Volume 4 Nomor 1, Tahun 2018, hlm. 34-43.
Rustaman, N. dkk. (2011). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.
Yogantara, dkk. (2014). Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha: Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus IV Kabupaten Bulelang. Volume 2 Nomor 1, Tahun 2014, hlm. 1-8.
Published
06-04-2020
How to Cite
Hurit, A., & Wati, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85-90. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2455