Pemanfaatan Media Kahoot.It dalam Pembelajaran Group Investigation ditinjau dari Kerjasama Mahasiswa

  • Ratna Purwanty Universitas Musamus
  • Fredy Fredy Universitas Musamus
Keywords: kahoot.it, cooperation, group investigation

Abstract

Penerapan media kahoot.it dalam kegiatan kelompok dapat tercapai jika diterapkan dalam model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah group investigation. Model ini memberikan pengalaman belajar siswa yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Group investigation berorientasi pada masalah, mendefinisi masalah dan mengorganisasi siswa dalam bekerja kelompok, mempresentasikan dan penilaian. Melalui pemanfaatan media kahoot.it dalam group investigation diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan kerjasama mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di jurusan PGSD Universitas Musamus dengan jumlah sampel mahasiswa sebayak 34 orang. Ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi pada dalam proses pembelajaran baik pada saat kerjasama dalam diskusi mahasiswa maupun dalam menggunakan kahoot.it. Selain itu dilakukan pula wawancara untuk mengetahui tanggapan  mahasiswa dalam kerjasama kelompok. Hasil analisis data diperoleh tiga indikator yang memperoleh nilai baik yaitu setiap anggota saling menghargai pendapat dengan memperoleh persentase sebesar 84,32%, memberi kesempatan memberi tanggapan dengan persentase 75,46% dan memberi solusi kepada kelompoknya dengan pesentase 76,20%. Dua indikator yaitu setiap anggota menyelesaikan masalah dengan diskusi dan pembagian tugas masing-masing anggota kelompok memperoleh penilaian yang sangat baik. Memberikan kesimpulan bahwa memanfaatkan media kahoot.it dalam pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kerjasama mahasiswa. Mereka akan lebih aktif dalam diskusi kelompok, menghargai pendapat temannya, memberikan solusi dan memberikan tanggapan.

References

A. R. Putri., M. A Muzakki. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding. Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial.
Achiles Ken. (2019). Perbedaan minat siswa dalam mengerjakan kuis tradisional dan kuis kahoot untuk materi garis dan sudut siswa kelas VII D SMP Negeri 16 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Darma.
Bay, R. R. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 83–92.
Ewa, Zarykca-Piskorz (2016) Kahoot It or Not? Can Games Be Motivating in Learning Grammar? Teaching English with Technology, v16 n3 p17-36 2016 (http://eric.ed.gov/?id+EJ1135685, diakses 10 Oktober 2019).
Fredy, Rahayu, D. P., & Natsir, I. (2019). Realistic mathematics education assisted interactive multimedia. International Conference on Science and Technology (ICST).
Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 59-66.
Grendi H., Januarti, N.E. 2018. Buku bahan Ajar: Belajar Sosiologi itu Menyenangkan: Aplikasi Kahoot! untuk Quiz Sosiologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Irma Rasita Gloria Barus, Tatie Soedewo. Penggunaan media kahoot! dalam pembelajaran struktur bahasa inggris. Prosiding. Teknologi terapan berbasis kearifan lokal (SNT2BKL).
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lime. (2018). Pemanfaatan media kahoot pada proses pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Sanata Darma.
Petrus Ly, I Nyoman Sudana Degeng, Punaji Setyosari, Sulton. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PPKn FKIP Undana. Prosiding. Inovasi Pendidikan di ERa Big Data dan Aspek Psikoko Logoginya.
The 2014 NMC Horizon Reports (http://www.nmc.org/nmc-horizon/) Diakses 10 Oktober 2019.
Published
06-04-2020
How to Cite
Purwanty, R., & Fredy, F. (2020). Pemanfaatan Media Kahoot.It dalam Pembelajaran Group Investigation ditinjau dari Kerjasama Mahasiswa. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 113-118. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2492