Evaluasi Program Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa

  • Abdul Syahril Muh Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Uslan Uslan Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: evaluation, inclusion education

Abstract

Tujuan penelitian evaluasi ini adalah melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan pendidikan inklusif di SD Abdi Kasih Bangsa. Hasil studi evaluasi ini berupa informasi tentang pelaksanaan model pendidikan inklusif di sekolah lain. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif evaluatif. Evaluasi ini menggunakan analisis countenance  atau STAKE dengan tiga komponenya yaitu: Evaluasi antecedents, transaction dan outcomes Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data diverifikasi melalui proses trianggulasi. Hasil analisis informasi menunjukan pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Abdi Kasih Bangsa belum sepenuhnya dilakukan sesuai dengan kebijakan atau standar yang ditetapkan pemerintah, terlihat dari sistem perekrutan yang masih dibatasi, kurikulum yang masih reguler, sarana dan prasarana yang masih jauh dari standar kelas inklusi, guru khusus ABK dan guru kelas yang masih kurang dan belum efektif menangani ABK dan prestasi akademik yang belum mendukung terlaksanaya program pendidikan inklusi di  SD Abdi Kasih Bangsa. Akan berdampak positif dan signifikan terhadap pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Abdi Kasih Bangsa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur bilamana pemerintah menunjang sepenuhnya kebutuhan-kebutuhan SD Abdi Kasih Bangsa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi.

References

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209.
Arikunto, S. (2010). Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Creswell, J. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih di antara lima pendekatan. (A. Lazuardi, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original Work Published 1998).
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Hal.
Permendiknas. (2009). Undang-Undang No 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan Bakat Istimewa. Jakarta: Permendiknas.
Setiawan, H., & Tumardi, T. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi pada Ranah Afektif di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1–12.
Supena, A. (2009). Model Pendidikan Inklusi Bagi Anak Tunagrahita Di Sekolah Dasar. Jakarta: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).
Published
06-04-2020
How to Cite
Muh, A., & Uslan, U. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 102-112. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2536