Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Percaya Diri dan Kemampuan Membaca Pemahaman

  • Muhamad R Letasado Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Julhidayat Muhsam Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: 4C learning and innovating skills, reading comprehension, student confidence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Lab Undiksha Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan penelitian Single Factor Independent Group Design. Populasi penelitian sebanyak 78 siswa. 39 siswa ditetapkan sebagai sampel, yang ditarik dengan teknik random sampling, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap percaya diri siswa. (2) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. (3) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C secara simultan terhadap percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Darmanta, V. D., & Wrastari, A. T. (2014). Studi Deskriptif Profil Gaya Belajar Guru SMP dan SMA di Surabaya Dikaji dari Faktor Sosiodemografis. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(2).
Dian Meilani, M., Nyoman Dantes, & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5.
Febrianto, B., Herani, I., & Supriyono, Y. (2013). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Hubungan Interpersonal Pada Anggota Ub (Universitas Brawijaya) Fitness Center. Laporan Penelitian. FISIP: Unbraw.
Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Prosiding ISBN, 978–979.
Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical connection ability and self-confidence (an experiment on junior high school students through contextual teaching and learning with mathematical manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82.
Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. ERIC.
Nurla, I. A. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Kelas Sekolah. Jakarta: Transmedia.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunimbar, S., & Farid Fauzi Almu. (2019). Efektivitas model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar materi indahnya kebersamaan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 177–185.
Suryani, N. W. E., Marhaeni, M. P. A. N., & Dantes, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Tunas Harapan [Thesis]. Ganesha University of Education.
Suryawan, D. P., Marhaeni, D. A. I. N., Candiasa, D. I. M., & Komp, M. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Kuta Selatan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 7(2), 104–114.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Angkasa. Bandung.
Trianto, I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uslan, U., Basri, I., & Muh, A. S. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).
Uslan, U., & Nuriyah, N. (2018). Model Student Centered Learning (SCL) di Sekolah Dasar (SD) yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 63–67.
Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47–66.
Wassid, I., & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
06-04-2020
How to Cite
Letasado, M., & Muhsam, J. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Percaya Diri dan Kemampuan Membaca Pemahaman. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 76-84. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2559