Model Pembelajaran Read for Action sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Aktivitas Siswa

  • Rina Dyah Rahmawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Maryadi Maryadi SDN Tamansari 2 Yogyakarta
Keywords: read for action, creativity, activity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dan tema Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah proses pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan tema Manusia dan Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V dan subjek dari penelitian adalah semua siswa yang ada di kelas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat pertemuan juga. Sebelum memberikan tindakan (menggunakan model pembelajaran Read for Action), dilakukan tes dan observasi pra-tindakan terhadap siswa. Pada akhir tiap siklus, dilakukan tes dan observasi akhir siklus terhadap siswa. Temuan yang didapatkan adalah bahwa pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dan tema Udara Bersih Bagi Kesehatan menggunakan model pembelajaran Read for Action dapat berjalan dengan lancar juga mampu meningkatkan kreatifitas dan aktivitas siswa.

References

Albert, L. R., & Kim, R. (2013). Developing creativity through collaborative problem solving. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 4(2).
Baker, T., & Clark, J. (2010). Cooperative learning–a double‐edged sword: a cooperative learning model for use with diverse student groups. Intercultural Education, 21(3), 257-268.
Eckhoff, A., & Urbach, J. (2008). Understanding imaginative thinking during childhood: Sociocultural conceptions of creativity and imaginative thought. Early Childhood Education Journal, 36(2), 179-185.
Fredy, K. W. Lieung, R. Butarbutar, & A. Duli. (2019) Science process skills in learning environmental pollution using PBL models. IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., 343(1), doi: 10.1088/1755-1315/343/1/012179.
Gallavan, N. P., & Kottler, E. (2012). Advancing social studies learning for the 21st century with divergent thinking. The Social Studies, 103(4), 165-170.
Govaerts, S., Verbert, K., Duval, E., & Pardo, A. (2012, May). The student activity meter for awareness and self-reflection. In CHI'12 Extended Abstracts on Human Factors in Computing Systems (pp. 869-884). ACM
Harris, J., Mishra, P., & Koehler, M. (2009). Teachers’ technological pedagogical content knowledge and learning activity types: Curriculum-based technology integration reframed. Journal of research on technology in education, 41(4), 393-416.
Hermansyah, A. K., Tembang, T., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal Primary Education, 1 (2), 104-115
K. W. Lieung. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal Primary Education, 1 (2), 73–82
Lee, M. S., & Son, Y. E. (2012). A Study on the Adoption of SNS for Smart Learning in the 'Creative Activity'. International Journal of Education and Learning, 3, 1-18.
McGowen, M. A., & Tall, D. O. (2013). Flexible thinking and met-befores: Impact on learning mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 32(3), 527-537.
Mouchiroud, C., & Lubart, T. (2001). Children's original thinking: An empirical examination of alternative measures derived from divergent thinking tasks. The Journal of genetic psychology, 162(4), 38
Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Oske, C. A. (2009). Imaginative thinking: Addressing social justice issues through MovieMaker. Multicultural Education & Technology Journal, 3(3), 213-226.
Pluck, G., & Johnson, H. L. (2011). Stimulating curiosity to enhance learning. GESJ: Education Sciences and Psychology, 2.
Rahmawati, R. D, Universitas PGRI Yogyakarta (2017) Read for Action Model Pembelajaran Yang Menyeimbangkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017: ISBN 978-602-50837-1-6. (Prosiding)
Ryo Suzuki. (2017). Mari membuat Learning Community. Yogyakarta: Workshop RFA, 31 Oktober 2017.
Tanggaard, L. (2011). Stories about creative teaching and productive learning. European Journal of Teacher Education, 34(2), 219-232.
Utami Munandar. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Asdi Mahasatya
Werang, B.D., Irianto, O., & Asmaningrum, H. P. (2019). Pengaruh Motivasi dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Distrik Mindiptana, Papua. Musamus Journal Primary Education, 1 (2), 93–103
Williams, P., Sheridan, S., & Sandberg, A. (2014). Preschool–an arena for children’s learning of social and cognitive knowledge. Early years, 34(3), 226-240.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Wulandari, D. F., Hamidah, I., & Setiawan, A. (2014). Physics of learning strategy to train critical and creative thinking skills. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(11), 2976-2981.
Published
06-04-2020
How to Cite
Rahmawati, R., & Maryadi, M. (2020). Model Pembelajaran Read for Action sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Aktivitas Siswa. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 119-129. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2563