Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN Pengambangan 8 Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student teams achivement divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interkasi Edukatif: Suatu Pendekatan Teori Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, (Online), Vol 1, No 1 (http://jurnal.unublitas.ac.id/index.php/briliant/article/view/2) diakses 30 September 2020.
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Roadakarya.
Indrawati, N. L. G. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Educational Action Research, (Online), Vol 1, No 2 (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php.JEAR/article/view/12040) diakses 30 September 2020.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Mahmudi, A. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online). (http://Staff.uny.ac.id/sites/default/files/htp/pengembangan-pembelajaran-matematika-1.pdf) diakses 05 Agustus 2020.
Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Materi Bangun Datar Segi Empat di Kelas 5 SD Negeri Inpres115495 Sisumut Kota Pinang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), Vol 3, No. 1 (https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/24) diakses 30 September 2020
Nuryanti, S. N., Triyono, & Susiana, T. S. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Pecahan Siswa KelasIV Sekolah Dasar. Kalam Cendeia PGSD Kebumen, (Online), 3(1): 9-16 (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1604) diakses 05 Agustus 2020.
Rahmah, S. (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2012/2013 di SDN Anjir Serapat Baru Kecamatan Anjir Muara.
Siregar, E. & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sumantri, M. & Sayodih, N. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Supinah. (2010). Pembelajaran berbasis Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada Media Group.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep. Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Copyright (c) 2020 Marlina Marlina, Ismawati Ismawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.