Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Umar Yampap Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Musamus
  • Rudolfus Ruma Bay Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya keterampilan berpikir siswa kelas IV SD Yapis 2 Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang saling berhubungan dimana masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil mean test menunjukan bahwa ketereampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 66.20 kategori cukup dan siklus II nilai rata-rata 76.64 dengan kategori baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan keterampilan proses dasar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD Yapis 2 Merauke

References

Affandi, M. (2013) Teori dan Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Sultan Agung Press.
Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015) ‘). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School’, Creative Education, 6, p. 455 462.
Arikunto, S. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bundu Patta (2006) Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.
Denzin, N. K. dan Y. S. L. (2009) Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Hasyda, S., & Subroto, W. T. (2018) ‘). Development of Science Learning Science Social Knowledge Of Problem Based Learning Subtheme Diversity of National And Religious Trade In My Country To Increase Critical Think Skill Iv Students In Primary School’, in In The First International Conference On Teacher Training and Education.
Kamalia Devi, P. (2010) Keterampilan proses Dalam pemebelajaran IPA. Jakarta: P4TK IPA.
Lieung, K. W. (2019) ‘Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar’, Musamus Journal of Primary Education, 1 (2), pp. 073-082.
Nasution (2007) Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Sadia, I. W. (2014) Model- Model Pembelajaran Sains KonstruktiVAistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, W. (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Stobaugh, R. (2013) Assesing Critical Thinking in Middle and High Schools: Meeting the Common Core. New York: Routledge.
Suderadjat, H. (2004) Konsep dan Implementasi Pendidikan Berbasis Luas (BBE) yang Berorientasi Pada Kecakapan Hidup (life skill). Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Sugiyono (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini (2007) Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.
Suprihadi dkk (2000) Strategi Pembelajaran. Malang: FIP UNM.
Trianto (2010) Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Trihastuti, singgih, Rimy, Y. (2008) Pembelajaran Keterampilan Proses, Inquiry dan Discovery Learning. Bandung: Rhineka Cipta.
Wati, Y. A., & Linuhung, N. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’, Limacon: Journal of Mathematics Education, 1 (2), 120–126.
Y Umar (2020) ‘Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2), 58–63.
Published
28-10-2020
How to Cite
Yampap, U., & Bay, R. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 57-64. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3201