Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dongeng melalui Media Strip Story pada Siswa Kelas III SD

  • Periscila Lapenangga SMP Negeri Fami Kabupaten Alor
  • Yusni Rosnawati Blegur SMP Negeri Atengmelang Kabupaten Alor
  • Fitri Aryani SMP Negeri Bakalang Kabupaten Alor
  • Albertina Kago SD GMIT Tabolabui Kabupaten Alor

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar dan kemampuan menulis cerita dongeng dengan media strip story pada siswa kelas III SD Gemit Tabolabui Semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I untukĀ  hasil evaluasi yang telah dianalisis diperoleh data bahwa ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai sebesar 45% dengan nilai rata-rata sebesar 71,00 danĀ  hasil evaluasi siklus II diperoleh data bahwa ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai sebesar 85% dengan nilai rata-rata sebesar 78,75. Untuk hasil observasi pada siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 62.50% dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 82,14%.

References

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesehatan. Musamus Journal of Primary Education, 001-012.
Clark, Irene L.(2003). Concept in Composition: Theory and Practice in The Teaching of Writing. London: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Hermansyah, A. K. (2017). Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Buku 100 Cerita Anak Pilihan dan Kesesuaiannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 17-28.
Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 104-115.
Kamaludin. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Dongeng Melalui Media Pop Up pada Siswa Kelas IVA SDN Jageran Sewon. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 6 Tahun ke-6.
Manalu, H. (2019). Pengaruh media strip story terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas viii smp swasta tanjung morawa bersubsidi tahun pembelajaran 2018/2019. Jurnal Bahasa: Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan.
Marnina. 2018. Motivasi Siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam belajar bahasa tata bahasa Inggris pada kelas VIII SMP BP Al Munawaroh Merauke. Jurnal Magistra. Vol 5 No 2.
Mundziroh, Andayani, Saddhono. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Volume 2 Nomor 1.
Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Rahayuningsih.( 2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Menulis Kembali Dongeng melalui Puzzle Alur Cerita Berbasis Film Dongeng. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 2, No. 2.
Sauhenda, A. F., Riwu, L., & Tembang, Y. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN CERITA PENDEK SERTA IMPLEMETASI DALAM KURIKULUM 2013. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 395-407.
Widyaningrum. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas IV. JPE Vol. 5 No. 2.
Yahya, Yulistio, Arifin. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume 2, Nomor 3.
Published
28-10-2020
How to Cite
Lapenangga, P., Blegur, Y., Aryani, F., & Kago, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dongeng melalui Media Strip Story pada Siswa Kelas III SD. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 75-80. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3218