IMPLEMENTASI PENGENALAN BUDAYA SUKU JAWA DALAM MATA PELAJARAN MULOK SISWA SD INPRES SEMANGGA IV MERAUKE

  • Il Khotimah Universitas Musamus
  • Agus Kichi Hermansyah Universitas Musamus
  • Sunarni Sunarni Universitas Musamus
Keywords: mulok subject, javanese ethnic culture

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengenalan budaya suku Jawa dalam mata pelajaran mulok. Aspek yang diteliti meliputi bentuk pelaksanaan pembelajaran dan faktor yang berpengaruh dalam implementasi pengenalan budaya suku Jawa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan Metode Studi Kasus. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas III, IV,V, dan beberapa peserta didik tahun ajaran 2018/2019 SD Inpres Semangga IV Merauke. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pengenalan budaya suku Jawa dalam mata pelajaran mulok siswa dikembangkan dalam bentuk: (1) penyesuaian kurikulum dan materi pendidikan; (2) pengajaran melalui program pendidikan, yang dimaksudkan termasuk dalam pelajaran di kelas yang meliputi pelajaran bahasa Jawa, aksara Jawa (tulisan), seni musik dan filosofi hidup orang Jawa; dan (3) pengkondisian sarana dan lingkungan. Faktor pendukung adalah (1) latar belakang sekolah, (2) penyedian fasilitas, dan tenaga pendidik, (3) dukungan komite dan orang tua peserta didik dalam hal material maupun non material, (4) managemen sekolah yang baik, dan (5) mayoritas peserta didik berasal dari masyarakat Jawa. Faktor penghambat adalah (1) belum adanya pendidik yang ahli untuk pelajaran aksara Jawa, (2) minat peserta didik yang sering berubah-ubah, dan (3) kurang maksimalnya pemanfaatan media belajar.
Kata Kunci: Mata Pelajaran Mulok, Budaya Suku Jawa.

 

Author Biography

Agus Kichi Hermansyah, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Herusatoto. B. (2000). Simbolis Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia, viii, 126 hlm. ISBN 979-8849-01-9.
Putra, C. A. Skripsi. (2015). “Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta”. Yogyakarta: PGSD UNY.
Hermansyah A. K (2017). “Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Buku 100 Cerita Anak Pilihan dan Kesesuaiannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SD/MI”. Al-Ibtida Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol 4(1): 17-28. DOI:
http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1368. Diakses pada hari Jumat Tanggal 19 Oktober 2018 Pukul 13.00 WIB.
Surya, M. (2003) Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisya.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Trisnawati, D. Skripsi. (2014). “Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Pada Kelas IV di SD Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta”. Yogyakarta: PGSD UNY
Werang, B.R. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Merauke: Universitas Musamus Merauke.
Published
2018-10-29
How to Cite
Khotimah, I., Hermansyah, A., & Sunarni, S. (2018). IMPLEMENTASI PENGENALAN BUDAYA SUKU JAWA DALAM MATA PELAJARAN MULOK SISWA SD INPRES SEMANGGA IV MERAUKE. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 029-038. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.882