MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELOMPOK A TK SANTA MARIA FATIMA MERAUKE MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI

  • Kristina B Samkakai Universitas Musamus
  • Zem Santo Universitas Musamus
  • Diah Harmawati Universitas Musamus
Keywords: improving, storytelling ability, serial picture media

Abstract

AbstrakKemampuan Bercerita pada Anak Usia dini dapat dikembangkan melalui Media Gambar Berseri. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Kemampuan Bercerita adalah menggunakan Media Gambar Berseri. Penelitian dilakukan pada anak kelompok A TK Santa Maria Fatima Merauke. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian berjumlah 18 anak terdiri dari 10 anak Laki-laki dan 8 anak Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan praktek langsung dan dokumentasi. Analisis data deskritif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan Kemampuan Bercerita Siswa menggunakan Media Gambar Berseri yakni pada siklus I mencapai 3 anak (17%), pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 15 anak (83%) dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).Kata Kunci: Meningkatkan, Kemampuan Bercerita , Media Gambar Berseri.  

Author Biographies

Kristina B Samkakai, Universitas Musamus
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Zem Santo, Universitas Musamus
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Diah Harmawati, Universitas Musamus
Jurusan Pendidikan Aaak Pendidikan Anak Usia Dini

References

Abu Ahmadi dan Munawar Soleh (2005) Pisikologi Perkembangan PT. Rineka Cipta Jakarta
Arikunto, S. Suharjono dan Supardi. (2007) Penelitian Tindak Kelas, Bumi Aksara. Jakarta
Arsyad. Ahzar (2002) Media Pembelajaran. Rajagrahafindo Persada. Jakarta.
Conny R. Semiawan. (2009) Penerapan Pembelajaran Pada Anak. PT .Indeks. Jakarta.
Carol, Seefeltdan Barbara A. WasiK. (2008) Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks. Jakarta.
Depdiknas. (2004) Pedoman Pengembangan Silabus dan Pembelajaran di Taman Kanakkanak,
Jakarta
Dhieni Nurbiana. Dkk (2005) Metode Pengembangan Bahasa Edisi Satu Penerbit Universitas
Terbuka. Jakarta
Hurlock, E. B. (1990) Perkembang anAnak .Alih Bahasa oleh Tjandrasa, M. Edisi keenam.
Erlangga. Bandung.
Haryadi dan Zamsani. (1997) Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia, Depdikbut.
Jakarta.
HarunRasyid. (2009) Perkembngan Anak Usia Dini. Pressindo. Yogyakarta.
Henry Guntur Tarigan.(1990) Menyimak Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Bandung.
Kasihani Kosbolah. (1998). Penelitian Tindak Kelas. Depdikbut. Malang.
Moeslichatoen, R. (2004) Metode Pengajaran Taman Kanak-Kanak. PT. Aneka Cipta
Novan Ardy Wiyani dan Barnawi. (212). Format PAUD Konsep, Karakteristik dan
implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Rini Hildayani, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.
Suhartono (2005) Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Depdiknas, Dirjen
Pendidikan Tinggi.
Suhartono dan Agung Hartono. (2006). Perkembangan Peserta Didik. PT. Rineka Cipta.
Jakarta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara.
Jakarta.
Suwarsih Madya. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat IKIP Yogyakarta. Yogyakarta.
Sunarto dan Agung Hartono. (2006). Perkembangan Peserta Didik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Depdiknas. Jakarta.
Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. FIP UNY. Yogyakarta.
Tadkiroatun Musfiroh. (2009). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Depdiknas. Jakarta.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Aistim Pendidikan Nasional.
Yamin Martinis. (2013) Strategi dan Metode dalam Metode Pembelajaran. Referensi (GP
Press Group). Jakarta.
Yuliani NuraniSujiono. (2012). Konsep Dasar Pendiddikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Jakarta
Published
29-10-2018
How to Cite
Samkakai, K., Santo, Z., & Harmawati, D. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELOMPOK A TK SANTA MARIA FATIMA MERAUKE MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 039-048. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.888