Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament

  • Jesi Jecsen Pongkendek Universitas Musamus
  • Dewi Natalia Marpaung Universitas Musamus
  • Lamtiar Ferawaty Siregar Universitas Musamus
Keywords: Pembelajaran kooperatif, team games tournament, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memiliki tujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilakukan di SMA Frater  Makassar dengan kelas XI IPA 1yang berjumlah 35 siswa sebagai subjek penelitian,.Motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket motivasi belajar yang dibagikan setelah pembelajaran selesai. Instrumen penelitian divalidasi oleh 2 orang validator dan angket motivasi belajar siswa diadaptasi dari angket motivasi belajar dari Arum dan Lutfi dalam bidang Kimia tahun 2012. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa tinggi dengan nilai rata-rata angket motivasi siswa 80,74%

References

Ahriani, F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Chemical, 14(1).
Arum, R. N. K., & Lutfi, A. (2012). Memotivasi Siswa Belajar Materi Asam Basa Melalui Media Permainan Ranking One Chemistry Quiz. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 174–179.
Damayanti, A., Tarmedi, E., & Jupri. (2018). Implementing Cooperative Script Type of Cooperative Learning Model to Improve Students’ Activeness in Learning Social Studies. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 3(1), 129–136.
Fajri, L., Martini, K. S., & Nugroho, A. (2012). Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Dilengkapi Dengan Teka-Teki Silang Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 89–96.
Hamalik, O. (2001). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV. Mandar Maju.
Keller, J. M. (2016). Motivation, Learning, and Technology: Applying the ARCS-V Motivation Model. PER, 3(2), 1–15.
Muharram. (2010). Pedagogik Khusus Kimia. Makassar : Penyelenggara Sertifikasi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Naniastuti, I., Nurvitasari, E., & Marlissa, I. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Think Talk Write dan Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA YPK Merauke. Jurnal MJOSE, 1(2), 75–83.
Nurvitasari, E. (2016). Pembelajaran Kimia Dengan CTL Menggunakan Eksperimen Dan Pemberian Tugas Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Minat Belajar. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 43-57. https://doi.org/10.35724/magistra.v3i1.388
nurvitasari, E., & Asmaningrum, H. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Dalam Pembelajaran Kimia SMA Di Distrik Merauke. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 048-061. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i1.722
Nurwulandari, I., Gunarhadi, & Fadhillah, S. S. (2017). The Implementation of Jigsaw Cooperative Learning Model to Improve Reading Skill in SDN Yosodipuro 104 Surakarta. IJRESS, 4(1), 29–32.
Rahma, A. A., & Arista, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan LKS Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal MJOSE, 1(2), 53–59.
Rusman. (2014). Model – model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, S., Bahri, S., & Kade, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 6 PALU TAHUN AJARAN 2016/2017. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 064-071. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i2.959
Wijayanti, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Sebagai Upaya Meningkatkan Pemhaman Konsep Fisika Dasar Mahapeserta didik Pendidikan IPA. Jurnal Pijar MIPA, 11(1), 15–21.
Wyk, M. M. van. (2011). The Effect of Teams-Games-Tournament on Acheivment, Retension, and Attitudes of Economic Education Student. J Sco Sci, 26(3), 183–193.
Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: GP Press.
Published
17-10-2019
How to Cite
Pongkendek, J., Marpaung, D., & Siregar, L. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 31-38. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i1.2243