Analisis Utilitarian Value Dan Hedonic Value Terhadap Behavior Intention Konsumen Online

  • Florentina Blandina Parapaga Univeritas Musamus
Keywords: Utilitarian Value, Hedonic Value, Behavior Intentioum, Konsumen on-line

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Utilitarian Value dan Hedonic Value terhadap Behavior Intention konsumen online. Utilitarian Value mencerminkan manfaat praktis atau fungsional yang diperoleh oleh konsumen, sementara Hedonic Value melibatkan aspek emosional dan estetika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang diproses dengan menggunakan SmartPLS V.3.2.7. Adapun data diperoleh melalui survei online kepada responden yang merupakan konsumen online, dengan menggunakan google.docs sebanyak 170 responden. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan hasil valid karena memiliki nilai > 0,50 dan reliabel karena memiliki nilai > 0,70. Artinya kuesiner yang digunakan dalam peneltian ini valid dan dapat diandalkan. Pada hasil evalusi outer model menujukan validitas konvergen, validitas diskriminan, serta reabilitas composite menujukan hasil yang signifikan atau dalam hal ini memenuhi kriteria. Artinya setiap indikator yang digunakan pada penelitian ini dapat menjelaskan konstruk penelitian dengan baik. Sementara itu, hasil evaluasi model memberikan hasil bahwa utilitarian value memiliki pengaruh signifikan terhadap behavior intention konsumen online, sedangakan hedonic value tidak memiliki pengaruh signifikan terhafap behavior intention konsumen online. Namun, utilitarian value dan hedonic value memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap behavior intention walaupun pengaruh yang diberikan tidak cukup dominan, dengan nilai R2 sebesar 0,556 artinya utilitarian value dan hedonic value terhadap behavior intention bisa dipengaruhi sebesar 55,6%.

Kata Kunci: Utilitarian Value, Hedonic Value, Behavior Intentioum, Konsumen on-line

References

Babin, Darden dan Griffin. 1994. Work and/or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value. Journal of Consumer Research, Vol. 20, No. 4 (Mar., 1994), pp. 644-656

Chao-Min Chiu et all (2012) Understanding customers’ repeat purchase intentions in B2C e-commerce: the roles ofutilitarian value, hedonic value and perceived risk. Information System Journal, pp. 1-30

Hanzaee dan Rezaeyeh. 2013. Investigation of the effects of hedonic value and utilitarian value on customer satisfaction and behavioural intentions. African Journal of Business Management Vol. 7(11), pp. 818-825

Hair et all. 2006. Mulitivariatte Data Analysis. Pearson Education.

Kim Hye-Shin. 2006. Using Hedonic and Utilitarian Shopping Motivations to Profile Inner City Consumers. Journal of Shopping Center Research. Volume 13, Number 1, pp 57 – 79
Mandan Momeni dan Hossein Safarzadeh. 2013. Investigating the Impact of Advertising on Customers’ Behavioral Intentions A Case of Agriculture Bank. Business and Economic Research Vol. 3, No. 1. Pp. 819 – 825

Overby and Lee.2006.The effects of utilitarian and hedonic online shopping value on consumer preference and intentions .Journal of Business Research 59 (2006) 1160–1166.
Pui-Lai To et all., 2007. Shopping motivations on Internet: A study based on utilitarian and hedonic value. Tecnovation 27. 774 – 787.

Ryu, Han dan Jang . 2009. Relationships among hedonic and utilitarian values, satisfaction and behavioral intentions in the fast-casual restaurant industry. IJCHM Volume 22, 3, pp 416 – 432

Subagio, H. 2011. Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6 (1), April 2011: 8-21

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Yu dan Bastin. 2010.Hedonic shopping value and impulse buying behavior in transitional economies: A symbiosis in the Mainland China market place. Brand Management Vol. 18, 2, 105–114.
Published
2023-04-24
How to Cite
Parapaga, F. (2023). Analisis Utilitarian Value Dan Hedonic Value Terhadap Behavior Intention Konsumen Online. Musamus Accounting Journal, 5(2), 97-105. https://doi.org/10.35724/maj.v5i2.5342