Analisis Penerapan Agen Brilink Pada Program Branchless Banking Di Bri Kcp Merauke Sebagai Upaya Mendorong Keuangan Inklusif

  • Kornelia Theresia Lestari Universitas Musamus
  • Paulus Peka Hayon Universitas Musamus
Keywords: Agen BRILink, Branchless Banking, Keuangan Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis  tingkat keberhasilan, manfaat, dan kendala  penerapan Agen BRILink pada program branchless banking di BRI KCP Merauke sebagai upaya meningkatkan keuangan inklusif.  Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni  observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.  Data dianalisis sejak data tersebut dikumpulkan kemudian direduksi datanya, setelah itu data siap disajikan  dan yang terakhir adalah kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa tiga  indikator keuangan inklusif yakni jangkauan atau akses, penggunaan dan kualitas yang telah tercapai maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Agen BRILink pada program branchless banking di BRI KCP Merauke berhasil dalam meningkatkan keuangan inklusif bagi masyarakat. Penerapan agen BRILink di BRI KCP Merauke sebagai upaya mendorong keuangan inklusif bermanfaat bagi pihak bank,  agen BRILink dan masyarakat. Kemudian masih terdapat beberapa kendala teknis seperti kualitas jaringan dan mesin EDC. sedangkan kendala non teknis seperti kurangnya modal yang dimiliki oleh pemilik outlet agen BRILink.

References

Ahmadi, Herman. 2018. Analisis Penerapan BRILink di Bank BRI Kota Madiun Sebagai Upaya Mendorong Financial Inclusion. Inventory : Jurnal Akuntansi, Vol. 01 No. 02 (April 2018), 211-247.

Hedge, Sowmya dan Kotian, Veena D. (2016). Branchless Banking for The Poor as A Part of Financial Inclusion.

Jaya, I.G.N Alit Asmara. 2017. Branchless Banking. Jakarta: Expose (PT. Mizan Publika).

Miles, Mathew B., & Huberman, A. Michael. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). London : Sage Publications.

Otoritas Jasa Keuangan. “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/PJOK.03/2014 Tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor”, Jakarta: available online at (www.ojk.go.id. diakses pada 19 Desember 2023, pukul 15.00 WIT).

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2020 Tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Purwati, Nuraini Retno. 2016. “Analisis Penerapan BRILink di Bank BRI Martadinata Kota Malang sebagai Upaya Mendorong Financial Inclusion.”

Sarah, H. 2015. Dampak Branchless Banking Terhadap Kinerja Keuangan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Journal Article// Al-Muzara’ah

Sarma. 2012. Index of Financial Inclusion – A measure of financial sector inclusiveness

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK). 2016. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (Available online) form: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaranpers/Documents/Pages/Siaran-Pers-OJK-Indeks-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Meningkat/ [Diakses paada 21 Desember 2023].

World Bank. 2014. Financial Inclusion Data/Global Findex. [On Line] From: (http://datatopics.worldbank.org/financialinclusion/country/Indonesia, Diakses 20 Januari 2024).

Wulandari, D. Ayu, Farida, Ida, dan Karunia, Anita. 2019. Analisis Penerapan BRILink Sebagai Upaya Untuk Mendorong Financial Inclusion Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Jatibarang 1 Cabang Brebes. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), Program Studi Akuntansi. Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal.
Published
2024-10-31
How to Cite
Lestari, K. T., & Hayon, P. P. (2024). Analisis Penerapan Agen Brilink Pada Program Branchless Banking Di Bri Kcp Merauke Sebagai Upaya Mendorong Keuangan Inklusif. Musamus Accounting Journal, 7(1), 11 - 18. https://doi.org/10.35724/maj.v7i1.6529