E-Sport Center
(Pendekatan Arsitektur Futuristik)
Abstrak
Kabupaten Merauke memiliki banyak potensi atlet olahraga e-sport yang diikuti hampir dari setiap kalangan usia baik dewasa, remaja maupun anak-anak. Dengan melalui data dari Turnamen e-sport di Merauke telah diselenggarakan di beberapa café antara lain, ruko KNS III, café Mr. Bean, cafe Garasi, dan café YoungBucks. Berdasarkan data tersebut Merauke sebagai kabupaten yang aktif dalam melaksanakan ajang perlombaan. Sehingga tujuan dari penelitian ini perlu adanya “Perancangan e-sport center” sebagai salah satu penunjang kebutuhan akan prasarana tempat latihan dan bertanding bagi atlet-atlet yang akan bertanding baik atlet Merauke itu sendiri atau atlet dari luar Merauke. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa wawancara dan kuesioner, dan dokumentasi langsung terhadap objek penelitian serta beberapa data literatur dari buku, jurnal dan google mengenai standar dan peraturan yang berkaitan. Sarana dan prasarana yang dirancang meliputi fasilitas gedung utama e-sport center dan sarana penunjang. E-sport center dengan pendekatan Arsitektur futuristic merupakan suatu perancangan fasilitas dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi atlet daerah Kabupaten Merauke. Hal ini dihadirkan dari bangunan yang dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang dengan menggunakan material bangunan modern dan pabrikasi, seperti penggunaan penutup atap GFRC, serta memaksimalkan bukaan penghawaan dan pencahayaan alami ke dalam bangunan.
Referensi
BeaCukai.go.id, “Official Website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai,” BeaCukai.go.id. 2018.
N. Zakaria, S. Rahardjo, and N. A. Hapsoro, “Perancangan Baru Esports Training Center di Bandung,” Agustus, vol. 7, no. 2, p. 4032, 2020.
F. Fauzi and W. Aqli, “Kajian Konsep Arsitektur Futuristik Pada Bangunan Kantor,” J. Archit. Des. Dev., vol. 1, no. 2, p. 165, 2020, doi: 10.37253/jad.v1i2.1387.
Y. P. P. Sinambela and A. Nareswari, “Karakter Visual Kawasan Lapangan Merdeka Kota Medan Ditinjau dari Elemen Fisik Peninggalan Pemerintahan Kolonial Belanda,” J. Teknol. dan Desain, 2020, doi: 10.51170/jtd.v2i1.47.
B. H. Hansen and T. Kwanda, “Fasilitas Pelatihan Pemain E-Sport,” Edimensi Arsit., vol. IV, no. 2, pp. 1–8, 2016.
Persada, “Kajian Referensi E-Sport Dalam Ranah Olahraga,” Google cendikia, p. 68, 2020.
K. S. Wahyu Setiaji, Made Suastika, “Penerapan prinsip arsitektur futuristik,” Kudus, D. I. (2019). Penerapan prinsip Arsit. Futur. 519–528., pp. 519–528, 2019.
A. A. Boentoro, “E-Sports Arena Di Yogyakarta,” 1301.


