SIRKUIT GRASSTRACK MERAUKE (Pendekatan Arsitektur Post Modern)
Abstract
Kota Merauke merupakan kabupaten di Papua Selatan yang sedang berkembang dari segi infranstruktur. Kota Merauke sendiri telah membangun sirkuit balap motor Freegeeb Waninggap Sai, namun sirkuit balap ini masih memiliki kendala yaitu kurangnya fasilitas yang memadai. Oleh karena itu, perlu adanya upaya peningkatan kualitas sirkuit dengan menerapkan konsep post modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa wawancara kepada responden dari IMI Merauke dan pembalap, serta studi kasus melakukan survey dan pengamatan lapangan berupa foto dokumentasi. Selain itu data dari berbagai sumber yang berupa literature berupa studi kepustakaan yang berkaitan dengan sirkuit balap serta kondisi lingkungan, standar ruang serta pengumpulan data informasi. Sirkuit grasstrack Merauke mempunyai panjang lintasan 1,2 km yang memiliki akses keselamatan diantara sirkuit itu sendiri yang berhubungan langsung ke bangunan paddock. Pada sirkuit grasstrack Merauke dibatasi sesuai standar nasional dan mampu menampung hingga kapasitas ±10.000 penonton dengan pendekatan arsitektur post modern. Pendekatan post modern diterapkan pada penggunaan material pabrikasi, adanya beberapa ornament yang diletakan pada bangunan pendukung, serta pemanfaatan pencahayaan dan penghawaan alami berupa bukaan yang lebar pada bangunan.
References
[2] P. Grasstrack and I. M. Indonesia, “PERATURAN KEJUARAAN NASIONAL GRASSTRACK IKATAN MOTOR INDONESIA Edisi : 2018,” pp. 65–97, 2018.
[3] P. Dasar and O. S. Motor, “IKATAN MOTOR INDONESIA,” pp. 1–131.
[4] Departemen Pekerjaan Umum Yayasan LPMB Bandung, “Tata cara perencanaan teknik bangunan gedung olahraga departemen pekerjaan umum,” p. 28, 1994.
[5] D. P. Umum, “Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-3647-1994,” Tata Cara Perenc. Tek. Bangunan Gedung Olahraga, 1994.
[6] I. Umum, “TECHNICAL HANDBOOK PON XX TAHUN 2020 CABANG OLAHRAGA,” 2020.
[7] P. Grasstrack and I. M. Indonesia, “PERATURAN KEJUARAAN NASIONAL GRASSTRACK IKATAN MOTOR INDONESIA Edisi : 2019,” 2019.
[8] D. Tanggoro, UTILITAS BANGUNAN, vol. 66. 2012.