Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

  • Herbin Florensius Betaubun Universitas Musamus, Teknik Sipil
  • Jeni Paresa Universitas Musamus, Teknik Sipil
  • Amarullah Billah
Keywords: kecelakaan lalu lintas, faktor jalan dan lingkungan, metode regresi linier berganda

Abstract

Kecelakaan lalu lintas disebabkan bukan hanya karena kepadatan lalu lintas, namun kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian kecelakaan yang sedikitnya melibatkan satu kendaraan dengan atau tanpa penguna jalan lainnya. Terdapat empat faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas ialah, faktor manusia, faktor kendaraan, faktor jalan, serta faktor lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh faktor jalan dan faktor lingkungan terhadap kecelakaan lalu lintas di Distrik Merauke. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari hasil kuisioner dari pengaruh faktor jalan dan faktor lingkungan. Data sekunder terdiri dari data jumlah kecelakaan lalu lintas dan data jumlah kendaraan roda dua dan roda empat di Distrik Merauke. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda, adapun uji yang dilakukan dalam analisis tersebut seperti uji F, uji T, dan uji determinasi (R2) dan program SPSS. Berdasarkan penelitian terhadap faktor jalan (X1) dan faktor lingkungan (X2) maka diperoleh kesimpulan Y = 1,9820 + 0,4060X1 + 0,3475X2, hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas jalan raya di Disrik Merauke, dengan nilai pengaruhnya sebesar 39,6%.

Published
2020-10-30
How to Cite
Betaubun, H., Paresa, J., & Billah, A. (2020). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Musamus Journal of Civil Engineering, 3(01), 31-40. https://doi.org/10.35724/mjce.v3i01.3280