Analisa Tundaan Kendaraan Yang Melakukan Putar Balik Arah Pada Jalan Raya Mandala Bampel

  • Sadia Citra Purnama Indah Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Dina Pasa Lolo Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Muh Akbar Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
Keywords: Tundaan kendaraan, volume lalu lintas, U-turn

Abstract

Salah satu cara untuk mempermudah pergerakan lalu lintas kendaraan adalah dengan menyediakan bukaan median sebagai fasilitas memutar arah kendaraan (U-Turn). Tapi ternyata bukaan median dengan fasilitas u-turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalah, sebab gerak u-turn itu sendiri akan menimbulkan konflik tersendiri dalam bentuk hambatan terhadap arus lalu lintas searah dan juga arus lalu lintas yang berlawanan arah. Salah satu pengaruh ketika melakukan gerak u-turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan di mana kendaraan akan melambat atau berhenti sehingga akan terjadi tundaan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume lalu lintas dan kapasitas yang terjadi pada ruas jalan yang dilengkapi fasilitas U-Turn serta mengetahui bagaimana waktu tempuh dan waktu tundaan kendaraan yang melakukan putar balik arah. Metode penelitian yang digunakan dalam teknik analisa data pada studi ini berupa perhitungan lalu lintas menggunakan MKJI 1997 tentang jalan perkotaan. Penelitian ini mempelajari tentang tundaan kendaraan yang melakukan putar balik arah pada Jalan Raya Mandala Bampel (Depan Toko Golden Swalayan). Hasil penelitian menunjukan bahwa volume lalu lintas yang melakukan U-Turn di lokasi penelitian yaitu sebesar 711,2 smp/jam dengan volume pelayanan berkaitan dengan kapasitas yang dapat di tolerir yaitu kapasitas 5643 smp/jam. Waktu tundaan 1.4 menit/smpdan waktu tempuh kendaraan pada saat melakukan U-Turn sebesar 12,2 detik

Published
2024-04-30
How to Cite
Indah, S. C., Lolo, D., & Akbar, M. (2024). Analisa Tundaan Kendaraan Yang Melakukan Putar Balik Arah Pada Jalan Raya Mandala Bampel. Musamus Journal of Civil Engineering, 6(02), 58-63. https://doi.org/10.35724/mjce.v6i02.5659