Pengaruh Penambahan Limbah Plastik Polietilena Tereftalat (PET) terhadap Karakteristik Marshall dengan Filler Limbah Las Karbit

  • Ikhwan Sanjani
  • Dewi Sriastuti Nababan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Yance Kakerissa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
Keywords: AC - WC, Filler Las Karbit, Polyethylene Terepthalate, Marshall

Abstract

Karakteristik marshall merupakan kemampuan suatu campuran aspal untuk menerima beban sampai terjadinya aliran (flow) yang dinyatakan dalam kilogram. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penambahan limbah plastik PET (Polyethylene Terepthalate) pada aspal beton AC – WC (Asphalt Concrete-Wearing Course) dengan filler las karbit. Penelitian ini mengunakan metode eksperimental dengan syarat yang telah ditentukan oleh Standar Bina Marga 2018. Cara pencampuran yang digunakan proses basah pencampuran langsung plastik (Polyethylene Terepthalate) ke dalam aspal panas, kemudian ditambahkan agregat. Variasi PET sebesar 3%,7% dan 9% dari berat total aspal. Hasil penelitian pengaruh penambahan plastik PET dengan filler las karbit, dapat mempengaruhi peningkatan dan juga penurunan terhadap karakteristik marshall. Hasil evaluasi volimetrik nilai stabilitas mengalami peningkatan sebasar 0,217%, marshall quotient mengalami peningkatan sebesar 0,088%, flow mengalami penurunan sebesar 0,114%, VIM (Void in Total Mix) mengalami peningkatan sebesar 0,415%, VFA (Void Filled With Asphalt) mengalami penurunan sebesar 0,210% dan VMA (Voids in Mineral Agregat) mengalami penurunan sebesar 0,244%. Dari hasil evaluasi volimetrik menunjukan penggunaan limbah plastik PET dengan variasi 3%,7% dan 9% belum optimal untuk digunakan sebagain bahan tambahan lapisan AC - WC, karena nilai  VIM, VFA dan VMA tidak memenuhi spesifikasi umum Bina Marga 2018.

Published
2024-04-30
How to Cite
Sanjani, I., Nababan, D., & Kakerissa, Y. (2024). Pengaruh Penambahan Limbah Plastik Polietilena Tereftalat (PET) terhadap Karakteristik Marshall dengan Filler Limbah Las Karbit. Musamus Journal of Civil Engineering, 6(02), 86-92. https://doi.org/10.35724/mjce.v6i02.6162

Most read articles by the same author(s)