KAJIAN SIGNIFIKANSI DIGITAL MARKETING TERHADAP KUNJUNGAN EKOWISATA

  • Ismi Andari Universitas Timor
  • Deba Sahara Sitepu
Keywords: Kata kunci: Kunjungan, Media sosial, Pemasaran, Pariwisata.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang sangat menjanjikan. Sayangnya, pandemi Covid-19 menjadikan bisnis pariwisata menjadi lesu, termasuk yang terjadi pada ekowisata Tangkahan di Sumatera Utara. Terkini dengan beranjak pulihnya perekonomian, pengelola ekowisata berusaha untuk meningkatkan kembali kunjungan wisatawan, salah satunya melalui kegiatan promosi via media sosial. Studi ini mengkaji seberapa besar kontribusi pemasaran objek wisata melalui media sosial, ditinjau dari kualitas informasinya, terhadap kunjungan wisatawan. Studi kuantitatif ini meneliti respon dari 100 wisatawan yang ditentukan melalui teknik accidental sampling di lokasi ekowisata. Data primer dianalisis dengan uji Path atau analisis jalur. Temuan di lapangan memperlihatkan bukti bahwa pemasaran melalui media sosial dengan memperhatikan kualitas informasi memiliki kontribusi signifikan terhadap tingkat kunjungan wisatawan. Hal ini tentu menjadi isyarat penting bagi pengelola ekowisata untuk semakin meningkatkan kualitas informasi atau materi pemasaran yang disebar melalui media sosial. Kesuksesan pemasaran akan berdampak besar terhadap peningkatan ekonomi Provinsi Sumatera Utara.

 

 

References

Al Ghifari, A. (2020). Pengaruh Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Bossolo Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal Desa Rumbia Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto.

Alshikhi, O. A., & Abdullah, B. M. (2018). Information Quality: Definitions, Measurement, Dimensions and Relationship with Decision Making. European Journal of Business and Innovation Research, 6(5), 36–42. www.eajournals.org

Asdar. (2019). Analisis Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumah Objek Wisata dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bone.

Atilgan, E., Akinci, S., & Aksoy, S. (2003). Mapping Service quality in the tourism industry. Managing Service Quality, 13(5), 412–422.

Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Per Kuartal II 2020. BPS Indonesia. http://www.bps.go.id

Batubara, A. (2020). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Jumlah Hunian Hotel Terhadap Penerimaan Sub Sektor PDRB Industri Pariwisata di Provinsi Sumatera Utara.

Bunghez, C. L. (2016). The importance of tourism to a destination’s economy. IBIMA Publishing: Journal of Eastern Europe Research in Business & Economics, 2016(1), 240–247. https://doi.org/10.5171/2016.143495

Haryanto, R., & Widyastuti, P. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Intervening. Journal for Business and Entrepreneur, 2(2), 1–15.

Irianto. (2011). Dampak Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat di Gili Trawangan Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 180–196.

Kim, S.-E. (2016). Taking Information More Seriously: Information and Preference in International Political Economy. Repository of Coumbia University, 1–125.
Mailanto, A. (2016, January 14). Pengguna Instagram di Indonesia Terbanyak, Mencapai 89%. Okezone.Com. https://techno.okezone.com/read/2016/01/14/207/1288332/pengguna-instagram-di-indonesia-terbanyak-mencapai-8
Maulana, H. F., & Tiarawati, M. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Memilih Objek Wisata dengan Trust Sebagai Variabel Intervening. Media Wisata, 18(2), 170–184. https://doi.org/10.36275/mws

Meyer, D. F., & Meyer, N. (2015). The role and impact of tourism on local economic development: A comparative study. African Journal for Physical, Health Education, Recreation, and Dance, 21(1), 197–214.

Nizar, M. A. (2011). Pengaruh Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). The Effectiveness of Social Media as a Media Promoting of Umbul Ponggok Tourism, Klaten Regency. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27.
Pertiwi, N. L. G. A. (2014). Pengaruh Kunjungan Wisatawan, Retribusi Objek Wisata dan PHR Terhadap PAD Kabupaten Gianyar. E-Jurnal EP Unud, 3(3), 115–123.

Rahmawati, L., & Nikmah, F. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 125–128.

Rukmiyati, Sri, N. M., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 115–142.

Rulloh, N. (2017). Pengaruh Kunjungan Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Objek Wisata Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam.

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Andriani, Y., & Sarasvati. (2018). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1–22.

Tsaur, S.-H., Yung, C.-Y., & Lin, J.-H. (2006). The Relational Behavior Between Wholesaler and
Published
2022-10-31