PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RSUD MERAUKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Lingkungan Fisik dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Merauke. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dengan Wawancara, Studi kepustakaan, Observasi (pengamatan) dan Kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan accidental sampling. Pengukuran menggunakan skala likert dan diolah dengan program hitung SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukan variabel lingkungan fisik dan kualitas pelayanan sama-sama berpengruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Merauke. Hal ini dibuktikan dari hasil F hitung = 123.908 > F tabel = 3,14, dan tingkat probabilitas sig 0,05 > sig 0,000, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
References
Atmojo, J. 2007. Laporan Penelitian Pengembangan dan Strategi Industri Budaya. Jakarta.
Anoraga, Pandji, Widiyanti. 1993. Psikologi dalam Perusahaan. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Adhitama, Chandra. 2002. Pencemaran Udara dan Kesehatan. Jakarta: Arcan.
Akdon, (2008), Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi Pendidikan dan Manajemen, Bandung : Dewa Ruchi
Budiyanto Fx, (1991). Pelayanan Pelanggan yang bermutu, Seni memberlakukan Pelanggan Sebagai Tanu, Binarupa Aksara, Jakarta.
DepKes RI (2006), Persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit. Departemen Kesehatan
Doelle, L. (1998). Akustik Lingkungan (terjemahan)Jakarta : Erlangga
DepKes RI. (1993). Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 436/Menkes/SK/VI/1993. Standar Pelayanan Rumah Sakit dan Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit
Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi,
Hernando, Carmen. 2000. On The Metric Dimension Of Some Families Of Graph,Universitat Politecnica de Cantaluya Barcelona, Spain.
Hawkins, Mothersbaugh, Best, 2007, Consumer Behavior : Building Marketing Strategy, McGraw-Hill, New York.
http://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-faktor-pengukuran-kepuasan-konsumen.html (faktor -faktor kepuasan pasien)
Junaidi, (2002), "Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 17, No. 1, h. 91-102.
Kotler dan Amstrong, 2000, Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip danKevin Lane Keller,Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, 2003.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro, Penyunting Bahasa Bambang Sarwiji. Edisi Kesembilan. Jakarta : PT. Index.
Lemy, Diena Mutiara. 2010. Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jakarta:
Lestari.(2011). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Diet Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.(Skripsi) tidak dipublikasikan.Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia.
Lawrence, J, Gitman, 2000. â€Principles Of Managerial Financeâ€. 9 th ed., Addision Wesley Logman. USA.
Mowen, John,C., dan Minor, M.,(2002), Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan), Erlangga, Jakarta.
McCormick, Earnest J. and Tiffin, 2002.Human Resource Management, Prentice-Hall, Singapore.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 1204/MENKES/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, Jakarta: Departemen Kesehatan
Moekijat.2002. Tata Laksana Kantor. Bandung: Mandar Maju.
Merulalia (2010) Postur tubuh yang ergonomis saat bekerja.Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat USU. Medan.www.K3(OHAS) ac.id
Nawawi, H. Hadari, (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, UGM Press, Yogyakarta.
Oliver, 1997, Great Answer to Tough the Marketing Question, PT. Prenhalindo, Jakarta.
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Permenkes RI No.147/ Menkes/Per/I/2010 Tentang Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.
Riduwan.2002, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta
Siswanto Sutojo, 2003, Manajemen Penjualan Yang Efektif, Cetakan Pertama, PT. Damar Mulia Pustaka, Jakarta.
Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiono, 2010, Metode Penelitian Bisnis, cetakan ketujuh, Penerbit : Alfabeta, Bandung.
R. Werang, Basilius. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial.Merauke : Unmus
Shamdasani, Prem N and Audrey Balakrishnan. 2000. Determinants of Relationship Quality and Loyalty in Personalized Services. Asia Pacific Journal of Management17: 399-22.
Santosa, A; 2006; Pencahayaan Pada Interior Rumah Sakit: Studi Kasus Ruang Rawat Inap Utama Gedung Lukas, Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta; Majalah Dimensi Interior; Edisi Desember 2006
Sihombing,Umberto, 2004, Pengaruh Keterlibatan Dalam Pengambilan Keputusan, Penilaian pada Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Pamong Praja, htpp://www.dupdiknas.go.id, diakses 1 Maret 2010.
Santoso, Gempur. 2004. Ergonomi manusia, peralatan, dan lingkungan. Sidoarjo. Prestasi pustaka publisher
Sugito, 2005 mengukur kepuasan Pelanggan Http://hadisugito.fadla.or.id/mengukur-kepuasan-pelanggan, diakses tanggal 28 Mei 2011.
Tjiptono, Fandi dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono (2007).Pemasaran Jasa Malang : Bayu Media.
The Liang Gie, Administrasi Perkantoran Modern, Liberty, Yogyakarta, (2000).
Uma’mur. 1996. Ergonomi untuk Produktivitas Kerja. CV. Haji Masagung. Jakarta.
Yamit, Zulian. (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama,cetakan keempat, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta
Zeithaml, Parasuraman, Berry ,1990. “Delivering Quality Serviceâ€, New York : The Free Press (Lihat juga Subhash et al.,2000, International Journal Of Retail and Distribution Management).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial and Faculty of Ekonomi, Musamus University as publisher of the journal.